Mohon tunggu...
Adolf Isaac Deda
Adolf Isaac Deda Mohon Tunggu... Menulis untuk berbagi

Seorang sarjana teknik yang tertarik pada dunia finance, civil engineering, traveling dan sosial issue. Menulis hanyalah hobi sekalian refreshing. Email :yeftaadolf@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Pentingnya Edukasi Finansial dalam Keluarga

19 Februari 2021   01:47 Diperbarui: 19 Februari 2021   09:45 910 48 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Edukasi Finansial dalam Keluarga
Ilustrasi edukasi finansial penting dilakukan keluarga| Sumber: eskaylim/Thinkstock via Kompas.com

Just Sharing.....

Hari ini ada kisah menarik seorang nasabah kena BI Checking. Sang Ibu nasabahnya, tapi yang mengejar dan mencecar lewat WA ke saya anak sama menantunya. 

Menariknya itu rentetan pertanyaan dengan tujuan minta solusi kendala yang sama, sudah berlangsung hampir satu tahun. Malah ta kirain dah beres di awal 2020. Ternyata belum kelar. 

Soal orang tua yang kredit dan anak yang pusing, atau sebaliknya, sudah biasalah. Hari ini warga di kelurahan A, kemudian hari bisa menyusul pada yang lain di Desa B. 

Keluarga masa gitu dengan warna-warni perihal utang piutang. Dalam kasus lain, ada juga kontrak milik sang kakak, tapi adik dan sepupu beserta keponakan, malah yang ribet dengan petugas di kantor. 

Persoalan seputar uang bagi mereka yang bertalian darah, kadang berat. Tak diurus kasihan, salah urus bisa bikin masalah. Maunya damai. Sama-sama enak. Meski manis di bibir, belum tentu nyaman di hati seisi keluarga.

Bisa jadi itulah alasannya mengapa edukasi soal tata kelola finansial meliputi utang piutang, investasi, menjadi penting dan berguna bagi para keluarga di tanah air. 

Dokumentasi pribadi tahun 2019
Dokumentasi pribadi tahun 2019
Realitanya bila diamati, anak-anak kita didorong tuk sekolah tinggi-tinggi, atau membekali dengan ketrampilan dan keahlian, dengan tujuan kelak mereka dapat berkarya dan menghasilkan cukup uang untuk membiayai hidup mereka (dan hidup keluarga besar nya juga). 

Tak sedikit yang beruntung diwariskan harta dan aset. Di sisi lain, malah utang yang diwariskan. Padahal sebagai manusia, tak ada yang dibawa manakala brojol dari rahim atau kembali ke pelukan bumi. Ini menyisakan beban bagi yang ditinggalkan. Bagaimana melunasinya adalah sebuah perjuangan. 

Edukasi finansial

Masalah terutama pada orang per orang sehubungan dengan finansial adalah bukan sebanyak apa yang mereka punya, tapi sebijaksana apa mengelola yang mereka punya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN