Mohon tunggu...
Adolf Isaac Deda
Adolf Isaac Deda Mohon Tunggu... Menulis untuk berbagi

Sarjana teknik sipil, bekerja di perusahaan finance

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Tips Melindungi Diri dan Data Pribadi dari Kejahatan Cyber

18 September 2020   19:34 Diperbarui: 19 September 2020   18:50 680 43 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Melindungi Diri dan Data Pribadi dari Kejahatan Cyber
Ilustrasi kejahatan digital (Sumber: www.reddit.com)

Just Sharing...

Minggu lalu, datang seorang nasabah ke kantor. Pria berusia 50-an tahun itu adalah mantan nasabah kami dan sudah melunasi kontrak dari 2 tahun lalu. 

Kini beliau dan istrinya, yang kebetulan sama-sama PNS hendak membeli kendaraan roda empat. Lebih tepatnya menjual mobil lama, lalu pengin beli mobil bekas dengan tahun unit 2015 ke atas. 

"Pagi Pak Adolf, sibuk Ke?", sapanya saat duduk di kursi depan meja saya di Hari Jumat pagi tanggal 11 September 2020 lalu. 

"Ada yang bisa dibantu Ke Paman?", tanya saya

Pemakaian kata "Ke" di belakang kata sapaan atau kalimat pertanyaan dan merupakan hal lumrah di Kabupaten Sumbawa. Semacam bahasa khas komunikasi sehari-hari antar warga, seperti kata "kah", namun disingkat "Ke".

"Gini Om Adolf, kita mau beli mobil di Jakarta. Kemarin sudah cari di internet. Maklum ni, Sumbawa kota kecil, ndak ada dealer mobil bekas. Yang jual mobil ndak banyak pilihannya. Ada satu dua, belum sesuai selera. Dapat ini agak murah. Mau sih dia kirim ke Sumbawa, cuma ini Om....", katanya sedikit tertahan, kemudian diam.

"Kenapa? Kan bisa take over antar cabang meski beda kota beda provinsi," tanya saya sedikit penasaran melihat ekspresinya.

"Kalo yang ini, apa benar dari kantornya Om yang di Jakarta?", tanya saya lagi sembari menunjukkan percakapan via WA di HP-nya, dengan salah satu wanita yang dari foto profil perempuan tersebut usianya sekitaran 30-an.

Beliau membetulkan posisi duduknya di kursi. Saya lantas meminjam HP-nya dan mengecek riwayat percakapannya. Agak panjang juga sih transaksi by WA antara mereka. 

Setelah dilihat, lalu ada kiriman foto sebuah mobil. Bisa jadi ini unit yang diminati beliau. Lengkap semua posisi, mulai dari depan, belakang, samping, hingga foto dashboard dan interior dalaman unit. Tak lupa juga ada foto STNK, BPKB, dan faktur. Dengan tampilan demikian, bikin pembeli bisa menganalisa seperti apa kendaraannya, tahun unit, kapasitas mesin, dan perihal lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x