Mohon tunggu...
Brader Yefta
Brader Yefta Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis untuk berbagi

Just Sharing....Nomine Best in Specific Interest Kompasiana Award 2023

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Punya Kendaraan Sendiri, Jangan Lupa Rawat Juga BPKB-nya

1 Juni 2020   16:48 Diperbarui: 2 Juni 2020   10:36 1850
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menjaga Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor penting dilakukan.| Sumber: Kompas Otomotif/Donny Apriliananda

Just Sharing...

Tulisan ringan nan sederhana ini hanyalah pengingat saja. Tertarik menulis karena beberapa hari lalu, mampir sebuah BPKB ke kantor. Tidur ganteng di atas meja kerja.

BPKB itu milik seorang macan alias mama cantik berstatus PNS di kantor kabupaten. Ukuran dan warna hampir seragam, sama seperti BPKB lain yang dikeluarkan seluruh Kantor Samsat di tanah air. 

Calon nasabah itu datang bersama anaknya yang masih balita. Berhubung WFH, hanya mengenakan baju biasa. Sang Ibu lantas berbicara dengan staf kredit untuk pengajuan pembiayaan. Anaknya yang sulung diterima tanpa tes di salah satu universitas negeri. Butuh sedikit tambahan biaya. 

Saya duduk di ruang antrean dan sesekali melihat pada proses tatap muka di sudut ruang depan itu.

Sejurus kemudian, petugas kredit yang melayani ibu tersebut menghampiri saya.

"Pak, BPKB-nya begini. Apa bisa?" tanya dia. 

Lalu dibukanya lembaran-lembarannya. Menunjukkannya pada saya. Tepat seperti gambar di atas. Nampak sobekan. Apakah digunting atau dimakan rayap. Entahlah. 

"Bisa itu Om? Aidahh...ndak ngerti ni anak saya pake main -main," ujar sang Ibu tanpa beranjak dari kursi di samping meja sana. 

Jaraknya ke tempat saya duduk tak lebih dari 5 meter sehingga suaranya jelas terdengar. Ada ekspresi keraguan di wajah saya. Mungkin itu ditangkap oleh beliau. 

"Saya tanyakan ke pusat dulu ya, nanti sore kita kabari ke Ibu," jawab saya seraya mengembalikan BPKB yang sudah saya foto itu kepada ibunya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun