Mohon tunggu...
Adnan Abdullah
Adnan Abdullah Mohon Tunggu... Penulis - Seorang pembaca dan penulis aktif

Membaca, memikir dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ini Rahasianya agar Tetap Sehat dan Awet Muda di Usia Lanjut

14 September 2022   18:00 Diperbarui: 14 September 2022   18:10 119 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penulis bersama adik-adik (Dokpri)

Ini adalah foto kenangan saya bersama adik-adik di masa kanak-kanak dulu di Papua. 

Waktu itu usia saya masih sekitar 4 atau 5 tahun, namun saya sudah memiliki dua orang adik, seorang adik laki-laki berusia 4 tahun dan adik perempuan yang belum setahun, sedangkan anak perempuan yang di samping kiri saya itu adalah adik sepupu. 

Setiap melihat foto ini, rasanya belum lama saya menikmati masa kanak-kanak itu, padahal itu adalah foto empat puluhan tahun yang lalu, dan saat ini usia saya tentu tidak lagi muda.

Menurut para ahli kesehatan, semakin bertambah umur atau semakin tua seseorang, maka kondisi fisiknya akan semakin menurun, demikian pula kesehatannya.

 Benarkah? 

Jawabannya bisa ya bisa tidak, tergantung pada bagaimana kita menjaga kesehatan dan kondisi fisik kita. 

Faktanya banyak orang yang sudah berusia lanjut, masih segar-bugar, sebaliknya banyak orang yang masih muda, namun sudah penyakitan, asam urat, darah tinggi, bahkan jantung. 

Meskipun saya tidak muda lagi, namun hingga saat ini saya merasa kondisi fisik dan kesehatan saya masih sama seperti dua puluh tahun lalu.

Selama ini saya menjalani hidup dengan cara yang biasa-biasa saja. Maksudnya, saya tidak terlalu rutin berolahraga. Meskipun tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol, saya tetap suka meminum minuman yang manis-manis dan tidak memiliki pantangan dalam hal makanan. Semua makanan yang manis, berprotein tinggi dan berlemak masih sering saya lahap.

Masih sehat dan bugar seperti dua puluh tahun yang lalu bisa jadi hanya perasaan saya saja, perasaan saya itu masih harus dibuktikan melalui pemeriksaan medis.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan