Mohon tunggu...
Adam
Adam Mohon Tunggu... Mahasiswa

All iz well

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN DIMASA PANDEMI, MAHASISWA UNTAG SURABAYA MEMBUAT KEGIATAN PEMBELAJARAN TIK DASAR PADA SISWA MI DI RT 16/RW05 DESA DINOYO KECAMATAN DEKET KABUPATEN LAMONGAN

27 Desember 2020   21:48 Diperbarui: 29 Desember 2020   18:52 158 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN DIMASA PANDEMI, MAHASISWA UNTAG SURABAYA MEMBUAT KEGIATAN PEMBELAJARAN TIK DASAR PADA SISWA MI DI RT 16/RW05 DESA DINOYO KECAMATAN DEKET KABUPATEN LAMONGAN
Kegiatan pembelajaran TIK praktik

Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif pada berbagai sektor, salah satunya sektor Pendidikan. Contohnya anak-anak bersekolah dan belajar di rumah yang tentu suasana dan kegiatan dalam belajar di rumah tentu berbeda dengan di sekolah, ditambah orang tua yang terkadang tidak bisa membantu belajar anaknya. Terlebih mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Telekomunikasi) yang tidak semua orang tua paham betul bagaimana mengoperasikan komputer.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) ikut berpartisipasi dalam rangka pemulihan pendidikan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN teresebut dilakukan dari rumah masing-masing. Salah satunya dilakukan oleh mahasiswa yang bernama Adam Ivansyah. Mahasiswa bimbingan Febby Rahmatullah Masruchin, ST. MT. tersebut melakukan KKN di Dusun Dinoyo RT 16/RW 05, Desa Dinoyo, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Mahasiswa Program Studi Teknik Arsitektur Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tersebut melakukan kegiatan KKN dengan memberikan pembelajaran pada anak-anak yang mengenyam Pendidikan MI di lingkungan RTnya. “Kegiatan KKN ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman anak-anak akan pentingnya TIK diera teknologi seperti saat ini dan juga masa yang akan mendatang serta bagaimana dasar mengoperasikan komputer” ungkap Adam.

Kegiatan KKN berlangsung dari tanggal 11 Desember - 22 Desember 2020.  Adam melaksanakan KKN pembelajaran TIK selain pengenalan dan dasar pengoperasian komputer juga mengajarkan beberapa software. Software yang diajarkan yaitu Microsoft Word dan Microsoft Powerpoint. Selain dua software tersebut, Adam juga mengajarkan cara menggunakan Canva yang penggunaannya mudah untuk pemula, tujuannya agar anak didiknya dapat membuat poster yang nantinya di sekolah akan mendapatkan tugas tersebut. Anak-anak RT 16 Desa Dinoyo yang mengikuti kegiatan pembelajaran TIK Dasar ini sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dengan adanya kegiatan pembelajaran ini, Adam mengharapkan anak-anak RT 16 Desa Dinoyo menjadi lebih paham akan pentingnya TIK diera digital seperti sekarang dan menjadi bekal nanti Ketika mengenyam pendidikan ditingkat berikutnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x