Mohon tunggu...
ADIYANA ADAM
ADIYANA ADAM Mohon Tunggu... Editor - Dosen IAIN Ternate

Dosen IAIN Ternate,

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Makalah Teknologi Pembelajaran

7 Januari 2023   16:24 Diperbarui: 7 Januari 2023   16:33 974
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: (Koehler & Mishra, 2008)

KERANGKA PENGETAHUAN KONTEN, PEDAGOGIK, TEKNOLOGIS  ( TPACK)

                                               

Oleh : Adiyana Adam,. Wahdiah

 A. Pendahuluan dan Signifikansi Masaalah

1. Pendahuluan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam sebuah pembelajarann terdapat interaksii antara pendidik dan peserta didik. Yang mana  seorangg pendidikk mempraktekan keahlian pengetahun khusus mereka didalam kelas dengan menggunakan berbagai macam cara, maupun  media pembelajaran. 

Seorang pendidik akan mempraktekan keahlian pengetahuannya dalam konteks  yang sangat dinamis sehingga dia  harus terus menerus mengubah dan mengembangkan  tehnik pembelajarannya agar proses pembelajaran dapat terasa sangat fleksibel dengan pengetahuan guru yang kaya dan terintegrasi dengan tujuan pembelajaran. Pengetahuan guru yang fleksibel tersebut didalamnya termasuk pengetahun tentang materi pembelajaran maupun tentang teknologi pembelajaran.

Seorang pendidik yang kurang memahami teknologi pembelajaran akan terasa rumit dalam mengimplikasikan pada materi pembelajaran apalagi jika teknologi tersebut masih dibilang baru. Teknologi yang dimaksud dalam makalah ini adalah yang dianalogikan dengan teknologi sistim digital yang digunakan sebagai media pembelajaran secara kompleks . Tetapi sebagian besar teknologi yang digunakan saat ini memiliki sifat bawaan sehingga dalam penerapannya terasa sangat sulit

Dalam menghadapi tantangan seperti ini bagaimana seorang pendidik bisa mengintegrasikan teknologi kedalam cara mengajar mereka. Hal ini tentu memerlukan satu pemahaman bahwa pembelajaran adalah apa yang diketahui pendidik ( conten knowledge), bagaimana mereka menerapkan apa yang mereka ketahui ( pedagogiccal knowledgge) serta pengetahuann tentangg cara menggunakan  teknology (technological  kknowledge)[1]  . Tidakaada "satupunacaraaterbaik" untukamengintegrasikanateknologi ke dalam kurikulum. aSebaliknya, upayaaintegrasiaharusadirancangaatau disusun secara kreatif aide-ideamateri pelajaran tertentu dalam konteksakelas tertentu pula[2]

Seiring dengan pemahaman bahwa mengajar dengan penguasaan teknologi adalah suatu hal yang  sangat penting  dengan mengintegrasikan teknologi kedalam materi pembelajaran maka  dibutuhkan pendidik yang dapat memahami maupun  bisa menggunakan teknologi pembelajaran

Intisari dari pengajaran yang baik dengann penggunaan teknology yakni 3 komponen intii: conten, pedagogy, dan teknology, begitu pula  dengan hubungan antar ketiga komponen  . Ketigaa basiss pengetahuan ini (Conten, pedagogy, dan teknology) membentukk inti dari kerangka teknology, pedagogy, dan pengetahuan konten  (TPACK).

Begitu pentingnya pengunaan teknologi pada erarevolusi industri sekarang ini sehingga para calon pendidikpun dipastikan harus mempunyai pengusaan terhadap teknologi pembelajaran yang terbaru agar pengintegrasian teknologi dalam proses belajar mengajar dapat di lakukan secara efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun