Mohon tunggu...
Mochamad AdityaYogatama
Mochamad AdityaYogatama Mohon Tunggu... Mahasiswa

RF Daop 9 JR

Selanjutnya

Tutup

Digital

Eksternalitas Positif dari Smartphone

30 Mei 2019   10:33 Diperbarui: 30 Mei 2019   10:51 0 0 0 Mohon Tunggu...

Nama               : Mochamad Aditya Yogatama

NIM                : 181910501069

Mata Kuliah    : Pembiayaan Pembangunan

Kelas               : C

                                                                                                           Smartphone Sebagai Alat Komunikasi Dan Informasi

                                                                                                                                       Terdepan Bagi Masyarakat

 

Eksternalitas adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perseorangan maupun berkelompok  yang dapat memberikan dampak terhadap masyarakat baik positif maupun negatif. Dari pengertian tersebut, dapat kita ketahui bahwa eksternalitas dibagi menjadi 2 macam, yakni eksternalitas positif dan eksternalitas negatif. Eksternalitas positif adalah dampak yang menguntungkan dari suatu kegiatan atau aktifitas tertentu. Contohnya, pembangunan jalan tol dapat memberikan efisiensi waktu. Sedangkan eksternalitas negatif adalah dampak yang merugikan bagi masyarakat yang dihasilkan dari suatu aktifitas. Misalnya, suatu pabrik tekstil yang tidak dapat mengolah limbahnya dengan baik sehingga membuang limbah hasil produksi ke sungai yang dapat sungai menjadi tercemar. Jadi, apapun aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat saat ini, dapat memberikan eksternalitas baik positif maupun negative

Smartphone atau telepon pintar adalah sebuah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tinggi yang dapat menyaingi komputer sekalipun. Smartphone adalah salah satu contoh barang public yang bersifat privat. Barang privat adalah sebuah barang yang bersifat excludable dan penggunaannya bersifat rival dalam mendapatkannya. Smartphone sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang, dari yang awalnya sebesar lengan orang dewasa hingga saat ini yang ukurannya hanya setelapak tangan. Tujuan diciptakannya smartphone hingga saat ini adalah untuk mempermudah masyarakat dalam berkomunikasi baik dalam menelpon atau mengirim surel, meningkatkan produktifitas, hingga bermain game.

Hampir di seluruh masyarakat belahan dunia memiliki gadget yang bernama smartphone ini. Di Indonesia sendiri, perkembangan smartphone kini semakin pesat, karena banyaknya permintaan yang tiada henti dari masyarakat. Dari banyaknya permintaan tersebut, membuat pasar smartphone di Indonesia semakin berkembang pesat pula dan banyak dilirik oleh perusahaan -- perusahaan smartphone lainnya. Uniknya, smartphone di Indonesia digolongkan menjadi 3 jenis, yakni            :

  • Smartphone kelas atas
  • Smartphone kelas menengah
  • Smartphone kelas bawah

Alasan mengapa smartphone di Indonesia digolongkan menjadi 3 jenis di atas adalah dilihat dari jenis spesifikasi yang dimiliki beserta harga yang ditawarkan. Beberapa vendor smartphone yang cukup terkenal di pasar smartphone di Indonesia antara lain, Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Apple, Sony, OnePlus, Nokia, LG dan masih banyak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x