Mohon tunggu...
Aditya Wijaya
Aditya Wijaya Mohon Tunggu... refleksi aksi transformasi

hmm

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Resensi "Islam Mazhab Pemikiran dan Aksi"

16 September 2020   07:41 Diperbarui: 16 September 2020   07:43 143 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi "Islam Mazhab Pemikiran dan Aksi"
Dok Pribadi

No: 5

Judul : Islam Mazhab Pemikiran Dan Aksi
Penterjemah : M.S. Nasrulloh dan Afif Muhammad
Editor : Afif Muhammad
Penerbit : Mizan
Cetakan : I, 1992
Tebal : 151 hlm

Buku Islam Mazhab Pemikiran Dan Aksi ini adalah kumpulan artikel dari Ali Syariati yang di muat dalam Kayhan International, bagian pertama buku ini menjelaskan tentang epistemologi yang menjadi dasar sebuah tindakan, bagian kedua menjelaskan tentang gagasan-gagasan tanggung jawab sosial menjadi seorang muslim dan bagian ketiga menjelaskan apa yang semestinya kita lakukan saat berdoa agar doa menjadi bermakna.

Sama seperti karya Ali Syariati lain nya buku ini sangat lugas menjelaskan setiap bagian-bagian artikelnya, gaya bahasa khas Ali Syariati sangat terasa dalam buku ini. Buku ini berhasil menjelaskan betapa pentingnya sebuah mazhab pemikiran atau sebuah ideologi yang harus di miliki seorang manusia.

"Dengan mengkaji peradaban Islam, kita sebagai orang-orang Iran, kaum Muslim dan orang-orang non Eropa Timur memahami kepribadian hakiki dan kemampuan kita menciptakan dan mengelola sebuah peradaban." (hlm 40)

Buku ini berupa rangkuman pemikiran Ali Syariati tentang bagaimana islam hadir di zaman sekarang, Islam intelektual dan Islam aktiv, buku ini juga berisi karya puisi Ali Syariati berjudul 'Satu Yang Diikuti Oleh Nol-Nol Yang Tiada Habis-Habisnya' yang menjelaskan tentang Tuhan.

Satu
Yang diikuti  
Nol-nol
Yang tiada habis-habisnya

Lihat!
Hanya satu yang disebut bilangan
Lihat!
Ia adalah satuan

(Ali Syariati)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x