Mohon tunggu...
Aditya Wijaya
Aditya Wijaya Mohon Tunggu... refleksi aksi transformasi

hmm

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Resensi "Revolusi Iran" Karya Nasir Tamara

19 Juli 2020   02:18 Diperbarui: 19 Juli 2020   12:10 19 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi "Revolusi Iran" Karya Nasir Tamara
Dok Pribadi

No: 3

Judul : Revolusi Iran
Penulis : Nasir Tamara
Penerbit : Sinar Harapan
Cetakan : I, 1980
Tebal : 446 hlm

"Bagi ayah, ibu dan Chantal,
bagi negeri tercinta"

"Imperialisme bukanlah pendudukan politik dan militer belaka. Itu juga sebuah penjajahan cara berfikir dan cara hidup yang datang dari luar, terkadang secara halus tak terlihat, merasuki suatu bangsa." (Firuz, seorang Iran)

Nasir Tamara , wartawan Sinar Harapan di Paris, merupakan satu-satunya wartawan Indonesia, satu di antara dua wartawan Asia yang mengikuti perjalanan pulang bersejarah Ayatollah Khomeini dari Paris ke Teheran di awal Januari 1979. Di depan matanya berlangsung revolusi Iran: perubahan struktur kekuasaan, ekonomi, politik dan sosial.

Buku ini secara garis besar menjelaskan dengan gamblang bagaimana terjadinya sebuah revolusi islam iran, dari mulai awal perjuangan hingga terwujudnya republik islam iran. 

Lika-liku dinamika terjadinya revolusi di jelaskan dengan baik oleh penulis, sosok yang terlibat hingga aktor di belakang revolusi islam iran dapat kita ketahui melalui buku ini.

Terdapat foto peristiwa terjadinya revolusi islam iran di buku ini, melalui foto tersebut kita dapat merasakan perasaan yang terjadi sebenarnya pada saat revolusi, buku ini membawa kita tenggelam dalam suasana revolusi yang terjadi pada saat itu.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
"Revolusi Islam Iran itu sendiri sebenarnya adalah 'buku' yang terbuka. Ia bukan sesuatu  yang tertutup dan karena itu juga tidak perlu ditutup-tutupi. Apa yang terjadi di Iran itu adalah khas Iran." (Sambutan Dr. Anwar Haryono)

Buku ini sangat bagus untuk kita yang ingin mengetahui bagaimana proses terjadinya revolusi Islam Iran, buku ini menjelaskan secara detail alur terjadinya revolusi serta menjelaskan penentang terjadinya revolusi Islam Iran.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x