Mohon tunggu...
Aditya Wijaya
Aditya Wijaya Mohon Tunggu... refleksi aksi transformasi

hmm

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Resensi "Mutiara Nahjul Balaghah" Karya Muhammad Al-Baqir

8 Juli 2020   14:32 Diperbarui: 19 Juli 2020   12:02 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi "Mutiara Nahjul Balaghah" Karya Muhammad Al-Baqir
Dok Pribadi

No: 2

Judul : MUTIARA NAHJUL BALAGHAH
Penyunting : Muhammad Al-Baqir
Penterjemah : Muhammad Al-Baqir
Penerbit : Mizan
Tebal : 144 hlm

"Nahjul-Balaghah (Alur Kefasihan) adalah judul buku yang berisi untaian ucapan Sayyidina wa Maulana Amir Al-Mukminin Ali Bin Abi Thalib (Karramallahu wajhah) yang telah dipilih dan dirangkum oleh Asy-Syarif Ar-Radhiy (rahimahullah)"

"Tidak seorang pun pakar bahasa Arab kecuali menyatakan bahwa ucapan-ucapan Imam Ali a.s. adalah yang paling mulia, paling fasih, paling padat isinya dan paling meliputi makna-makna agung dalam kandungannya. Tentunya, setelah firman Allah SWT dan sabda Nabi-Nya"

Syaikh Muhammad Abduh

Buku ini berisi ucapan-ucapan Imam Ali a.s. dari mulai pidato keimanan dan akhlak, adapula surat-surat Imam Ali R.A tentang kekhalifahan dan etika pemerintahan dan bunga rampai ucapan-ucapan Imam Ali R.A .

Dalam buku ini kita bisa melihat akhlak mulia Imam Ali a.s. yang tercermin dalam ucapan-ucapan nya mengenai etika, akhlak dan keimanan. Imam Ali a.s. memberi petunjuk dalam bermasyarakat, bagaimana caranya menjadi seorang pemimpin atau menjadi rakyat yang baik, Imam Ali a.s. juga banyak memberi pesan agar selalu teguh beriman kepada Allah SWT.

Pesan Imam Ali R.A. Sebelum Wafatnya

"Wahai manusia, setiap orang dalam pelariannya pasti akan menjumpai apa yang menyebabkannya lari. Ajal adalah tempat penghalauan jiwa; karena itu, melarikan diri darinya sama saja dengan menjemputnya. Betapa seringnya aku mengejar waktu guna menyingkap rahasianya yang tertutup rapat, namun Allah tetap menyembunyikannya. Sungguh ia tak terjangkau. Ia adalah ilmu Allah yang tersimpan rapi."

Buku ini bagi penulis sangat penting dalam mendalami sosok Imam Ali a.s. , dalam buku ini terkandung ucapan-ucapan Imam Ali a.s. yang penuh makna, Imam Ali a.s. banyak mengajarkan kita tentang kehidupan di dalam buku ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x