Mohon tunggu...
Aditya Wijaya
Aditya Wijaya Mohon Tunggu... refleksi aksi transformasi

hmm

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Resensi "Haji" Karya Dr. Ali Shariati

5 Juli 2020   00:23 Diperbarui: 19 Juli 2020   12:01 73 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi "Haji" Karya Dr. Ali Shariati
Dok Pribadi

No: 1

Judul : HAJI
Penulis : Dr. Ali Shariati
Penterjemah : Anas Mahyuddin
Editor : Ammar Haryono
Penerbit : PUSTAKA
Cetakan : I, 1983 M
Tebal : 190 hlm

Dr. Ali Shariati lahir di Mazinan yang terletak di pinggiran kota Mashad, Iran. Ketika berumur 18 tahun ia memulai karirnya sebagai guru. Dan sejak itulah ia berperan sebagai guru dan mahasiswa. Setelah lulus dari perguruan tinggi pada tahun 1960, dengan memperoleh beasiswa ia mengikuti pelajaran-pelaran tingkat sarjana di Prancis.

Sebagai seorang mahasiswa kehormatan ia berhasil meraih gelar doktor di dalam ilmu sosiologi pada tahun 1964. Sebagai seorang sosiologi Muslim Dr. Ali Shariati berusaha untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi kaum Muslimin berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

Buku ini secara khusus membahas arti ibadah haji, dengan detail penulis buku menjelaskan makna tiap prosesi ibadah haji mulai dari awal hingga akhir. Buku ini berisi komentar-komentar dan penafsiran Dr. Ali Shariati mengenai haji.

Dalam buku ini dijelaskan makna dari setiap proses rangkaian ibadah haji, dari mulai kabah, thawaf, hajar ul aswad, maqam ibrahim, sa'y, arafat, masy'ar, mina, tiga berhala, dan pengorbanan nabi ibrahim.

" Esensi dari haji adalah evolusi manusia menuju Allah. Haji adalah sebuah contoh simbolis dari filsafat Penciptaan Adam. Dalam ibadah haji berbagai hal dipertunjukan secara bersamaan: penciptaan, sejarah, keesaan, ideologi islam, dan ummah." (hlm 1)

" Di dalam 'pertunjukan' tersebut ada syarat-syarat sebagai berikut: Allah adalah sutradaranya: tema yang diproyeksikan adalah aksi dari orang-orang yang terlibat: Adam, Ibrahim, Hajar, dan Syeitan adalah pelaku-pelaku utamanya: skena-skenanya adalah Masjid ul-Haram, Tanah Suci, Mas'a, Arafat, Masy'ar dan Mina: simbol-simbol yang penting adalah Ka'bah, Shafa, Marwa, siang, malam, matahari terbit, matahari terbenam, berhala-berhala, dan acara berkorban: pakaian dan make-up adalah Ihram, Halgh, dan Taqshir, dan yang terakhir sekali yang memainkan semua peranan di dalam 'pertunjukan' ini adalah engkau sendiri!.'' (hlm 1-2)

Buku ini sangat bagus untuk memahami arti makna ibadah haji yang mungkin sebagian orang tidak mengetahui dan menggangap sekedar ibadah biasa padahal ibadah haji memiliki makna yang sangat filosofis seperti yang dijelaskan dalam buku haji ini.

Wahai Sahabat! Sesungguhnya engkau
   belum menunaikan ibadah haji!
Sesungguhnya engkau belum taat kepada Allah!
Memang engkau telah pergi ke Mekkah
   untuk mengunjungi Ka'bah!
Memang engkau telah menghamburkan uang
   untuk membeli kekerasan padang pasir!
Jika engkau berniat hendak melakukan
   ibadah haji sekali lagi,
berbuatlah seperti yang telah kuajarkan ini!

(Dari syair Nasher Khosrow tentang HAJI)

VIDEO PILIHAN