Mohon tunggu...
Aditya Wijaya
Aditya Wijaya Mohon Tunggu... refleksi aksi transformasi

hmm

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Brazilian Jiu Jitsu

13 Juni 2020   18:04 Diperbarui: 14 Juni 2020   12:06 646 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Brazilian Jiu Jitsu
https://pixabay.com/id/photos/brazilian-jiu-jitsu-bjj-pertempuran-2957075/

"Brazilian Jiu Jitsu adalah sebuah bela diri yang terfokus pada pertarungan lantai yang pertama kali dipopulerkan di Brasil. Bela diri ini merupakan sebuah pengembangan dari bela diri Kodokan Judo, yang dipelopori oleh Mitsuyo Maeda bersama Keluarga Gracie." (Wikipedia)

Mungkin sebagian masyarakat kita belum mengenal beladiri yang satu ini, Brazilian Jiu Jitsu di Indonesia masih belum populer seperti beladiri lainnya, masih perlu pengenalan agar beladiri yang satu ini bisa dikenal oleh masyarakat kita. Kita mengenal di Indonesia ada kompetisi mma seperti One Pride atau di luar negeri ada Ultimate Fighting Championship, banyak atlit di kompetisi ini menggunakan BJJ sebagai beladirinya.


Brazilian Jiu Jitsu berfokus pada beladiri kuncian, sparing di dalam BJJ di sebut rolling, penulis berpendapat bahwa BJJ sangat baik untuk self defense karena mayoritas pertarungan jalanan berakhir di ground fighting.

Menariknya di dalam agama islam ada sebuah kisah ketika nabi bergulat dan memenangkannya, penulis akan mengutip kata-kata dari Kelly Slater "I advise all parents to put their kids in Jiu-Jitsu classes before any other sport." Tidak ada salahnya bukan mengajak anak-anak kita untuk menempatkan mereka pada olahraga Jiu Jitsu sebelum olahraga lainnya. Brazilian Jiu Jitsu menurut penulis bisa menghindari anak-anak dari perilaku bullying dan juga membully.

Brazilian Jiu Jitsu dari beladiri bertransformasi menjadi olahraga yang di gemari berbagai kalangan usia, bisa kita lihat dari banyaknya kompetisi BJJ baik di dalam maupun luar negeri, seperti Abu Dhabi World Professional Jiu-Jitsu Championship, World IBJJF Jiu-Jitsu Championship, ADCC dan masih banyak lainnya.

"Jiu Jitsu bukan sekedar beladiri, Jiu Jitsu adalah gaya hidup positif" (Renzo Gracie) Kutipan ini penulis dapatkan dalam film Jiu Jitsu Strong di Youtube, Jiu Jitsu bisa menjadi lifestyle masyarakat modern, dengan semakin banyaknya sasana olahraga Jiu Jitsu, penulis yakin Jiu Jitsu bisa menjadi olahraga yang populer di Indonesia.


Penulis percaya bahwa Brazilian Jiu Jitsu bisa mentrasformasi diri kita menjadi lebih positif, bisa menjadi masyarakat yang sadar bahwa berolahraga itu penting, menjaga kesehatan dengan berolahraga, Jiu Jitsu bisa menjadi cara baru untuk kita berolahraga di tengah kesibukan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x