Mohon tunggu...
Aditya
Aditya Mohon Tunggu... Mahasiswa Sosiologi

Sang Pembidik Mimpi, Membidik Prestasi Membangun Negeri.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Prambanan, Kisah Cinta yang Melegenda

12 Juli 2019   04:18 Diperbarui: 12 Juli 2019   05:59 0 1 1 Mohon Tunggu...
Prambanan, Kisah Cinta yang Melegenda
Tour de Jogja SMPDN 2019/Dokpri

Masa liburan menyisakan beberapa hari lagi, bagi kamu yang masih bingung mau kemana maka Candi Prambanan dapat kamu jadikan opsi objek wisata yang dapat kamu kunjungi diakhir pekan ini bersama keluarga, teman, pacar atau mantan calon pacar. Eak haha..

Ketika kita masih kecil, sering kita membaca dibuku maupun menonton tayangan televisi yang mengisahkan legenda Candi Prambanan, dimana Bandung Bondowoso membangun Candi Prambanan dengan bala bantuan jin demi mempersunting Roro Jonggrang menjadi permaisurinya.

Dokpri
Dokpri
Namun karena kecerdikan Roro Jonggrang yang sedari awal memang tidak suka dengan Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang menggunakan kecerdikannya untuk membuat pagi datang lebih awal. 

Hingga jin yang membantu Bandung Bondowoso lari tunggang langgang melihat fajar telah menyingsing, dan pengerjaan Candi belum rampung sehinggan Roro Jonggrang menolak Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso murka dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi Candi yang ke seribu.

Namun fakta yang ada tidak seperti yang dicerita. Menurut penelitian, Csndi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan. Hal itu bisa dilihat dalam prasasti Wantil dan prasasti Siwagrha atau candi Siwa.

Biaya masuk ke komplek bersejarah ini kamu tidak perlu khawatir kantong kamu jadi kering ya, karena harga tiket untuk dewasa hanya 40k dan anak-anak 20k. Apabila kamu masuk bersama rombongan tour akan ada potongan harga dengan syarat tertentu.

Berdasarkan data yang didapat dari Kantor Unit TWC Prambanan, sebanyak 248.203 wisatawan berkunjung ke Candi Prambanan mulai dari tanggal 22 Desember sam tanggal 1 Januari 2019. Kunjungan liburan akhir tahun ini meningkat sebesar 8 persen dari tahun lalu yang berada pada angka 219.993 orang. Jumlah pengunjung terbanyak jatuh pada tanggal 30 Desember 2018 yang mendatangkan wisatawan sebanyak 27.442 orang.

b51f3c8910cb5d0957ccb286b5819bc5-5d27be020d823044fd5fd0c2.jpg
b51f3c8910cb5d0957ccb286b5819bc5-5d27be020d823044fd5fd0c2.jpg
Saat kamu masuk ke komplek Candi Prambanan, kamu akan disuguhkan dengan alunan gamelan jawa yang membuat kamu merasa tenang mendengarkannya. Pepohonan besar dan rindang membuat kamu berjalan-jalan di area taman tidak akan kepanasan. Di area candi kamu akan kepanasan sebab tidak ada pepohonan yang membuatmu terlindung dari sengatan matahari.

Candi Prambanan yang menyerupai Gunung Merbabu memiliki beberapa candi dengan patung di dalam ruangnya  seperti patung Dewa Siwa, Brahma, Wisnu, namun dari semua itu, patung Roro Jonggrang yang banyak menyedot minat wisatawan nusantara (wisman) dan wisatawan manca negara (wisman). Mungkin ini efek dari legenda yang yang telah mengakar.

Komplek Candi Prambanan memang mahakarya yang tak ternilai harganya, kamu dapat mengabadikan moment ketika sedang berkunjung ke Candi Prambanan.

Petualanganmu di komplek Candi Prambanan tidak akan hanya berakhir ketika kakimu telah melangkah dari pintu keluar. Bahkan saat kamu telah keluar kamu masih akan menjumpai pasar yang menjajakan oleh-oleh khas Jogja, mulai dari kaos, gantungan kunci, blangkon, sendal, batik, makanan, dan masih banyak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x