Mohon tunggu...
Aditya
Aditya Mohon Tunggu... Mahasiswa Sosiologi

Mengharap semua orang senang dengan pikiranmu adalah utopis. Keberagaman pikiran adalah keniscayaan yang indah.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Krisis Bek Kiri di Timnas U23

15 Juni 2019   15:24 Diperbarui: 15 Juni 2019   15:26 69 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Krisis Bek Kiri di Timnas U23
Coach Indra sedang memberikan intruksi (sumber gambar: Tribunnews)

Laga uci coba Timnas U23 melawan Bali United berakhir tanpa pemenang, Sembilan puluh menit kedua tim bermain dengan opensive sehinggar terjadi beberapa kali jual beli serangan. Timnas U23 yang dinahkodai oleh Coach Indra menurunkan racikan eksperimennya guna mencari komposisi starting line up yang diinginkan coach Indra, sedangkan Bali United yang saat ini di tangani oleh Coach Teco terlihat lebih banyak menurunkan pemain lapis kedua.

Seperti yang kita ketahui Timnas U23 baru saja usai mengikuti Merlion Cup di Singapur. Meski Timnas U23 menuai hasil yang kurang memuaskan, namun Timnas U23 langsung melakoni Training Center di Bali, dan pada Jumat lalu. Agenda uji coba melawan Bali United merupakan serangkaian dari program pemusatan latihan sebelum Timnas U23 melakoni laga yang sesungguhnya, yaitu Asian Gamaes 2019.

Ada yang menarik pada kaga uji coba Timnas U23 pada hari Jumat lalu, yaitu Kevin Gomes yang menempati posisi bek kiri Timnas U23. Kehadirannya di skuad Timnas U23 terbilang mengejutkan, Kevin merupakan anak kandung dari pekatih Kalteng Putra yaitu Gomes De Oliviera. Ia menimba ilmu sepakbola di Brasil yang terkenal banyak melahirkan pemain dengan kualitas mengolah sikulat bundar diatas rata-rata, kini Kevin Gomes memperkuat Timnas U23 dibawah asuhan Coach Indra.

Kevin pernah mengikuti turnamen bergengsi yang ada di Brasil yaitu Sao Paulo Cup, dimana ia melawan klub-klub besar dan mendapat banyak ilmu. Pengalamannya bermain di Brasil tentu menjadi modal Kevin Gomes untuk bermain di Timnas U23 di Asian Games 2019. Sebelum hadirnya Kevin ke Skuad Timnas U23 Coach Indra juga memulangkan 4 nama pemain.

Hadirnya Kevin Gomes di Skuad Timnas U23 tentu menjadi angin segar bagi sebagian pihak, dikarenakan skuad Timnas U23 telah lengkap 23 pemain. Namun di sisi lain, hadirnya Kevin di Timnas U23 menjadi sebuah tanda tanda tanya besar, apakah Indonesia sedang krisis talenta muda nusantara untuk posisi bek kiri?

Coach Indra Sjafri (sumber gambar: bola.com)
Coach Indra Sjafri (sumber gambar: bola.com)

Ditambah gaya kepelatihan Coach Indra yang berbeda dengan Coach lainnya, coach indra enggan menggunakan pemain naturalisasi dengan alasan menmbeerikan asset-aset bangsa agar berkembang dan dapat bersaing dengan Negara lain. Ia dijuluki sebagai "Sang Penemu" dikarenakan ia sering blusukan untuk mencari talenta muda berbakat di pelosok negeri. terbukti dari hasil blusukannya tersebut ia menuntaskan puasa gelar untuk Indonesia denga menjuarai AFF CUP U19, yang tentunya sama-sama masih segar dalam ingatan kita.

Indonesia sejatinya tidak pernah kehabisan talenta-talenta muda berbakat untuk posisi bek kiri, ada sederet talenta muda Indonesia yang Aku kira juga pantas menempati posisi tersebut. Dipanggilnya Kevin Gomes masuknya ke skuad Timnas U23 menimbulkan banyak pertanyaan, apakah karena Kevin Gomes anak dari seorang pelatih Kalteng Putra, lalu bagaimana talenta muda yang ada di pelosok nusantara yang bisa saja menjadi bintang seperti Egy Maulana Vikri dkk.

VIDEO PILIHAN