Mohon tunggu...
Aditya Septian Tamami
Aditya Septian Tamami Mohon Tunggu... Terlalu bahagia merasa patah

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Rayakan Syawal, Mahasiswa KKN UM Desa Sukopuro Gelar Festival Anak Beriman

20 Juni 2019   22:08 Diperbarui: 20 Juni 2019   22:10 0 0 0 Mohon Tunggu...
Rayakan Syawal, Mahasiswa KKN UM Desa Sukopuro Gelar Festival Anak Beriman
Mahasiswa KKN UM

Bulan syawal merupakan salah satu bulan yang penuh dengan berkah. Salah satunya terbukti dengan Hari Raya Idul Fitri yang dirayakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Festival Anak Beriman merupakan salah satu bentuk kegiatan yang diakan oleh Mahasiswa KKN UM Desa Sukopuro Kecamatan Jabung Kabupaten Malang tahun 2019 untuk ikut menyemarakkan indahnya bulan syawal ini.

Festival Anak Beriman diadakan pada hari Minggu (16/6) dan bertempat di Aula Kantor Balai Desa Sukopuro. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh anak dan membentuk karakter anak -- anak yang beriman dan bertaqwa.  

Kegiatan ini diikuti oleh murid-murid TPQ dari keempat dusun di Desa Sukopuro, yaitu dari TPQ Nurul Huda dari Dusun Loring, TPQ Al-I'tihad dari Dusun Kepuh, TPQ Darul Ulum dari Dusun Loring, TPQ Nurul Islam dari Dusun Pandanrejo, TPQ Al-Ihsan dari Dusun Loring, TPQ Kepuh RW 10 dari Dusun Kepuh. 

Festival Anak Beriman terdiri atas tiga kategori lomba, yaitu Lomba Adzan, Lomba Hafalan Surat Pendek, dan Lomba Bacaan Sholat dan sebanyak 30 anak ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Sebelum dimulainya acara Festival Anak Beriman, murid-murid dari keenam TPQ melakukan registrasi ulang dengan didampingi oleh Bapak dan Ibu pengasuh maupun orang tua masing-masing. Acara ini dibuka oleh Koordinator Kelompok KKN UM Desa Sukopuro tahun 2019.

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari berbagai usia, mulai dari empat hingga dua belas tahun. Hafalan mereka dalam bacaan sholat dan surat pendek sudah cukup baik, begitu juga dengan adzan. Pengasuh dari TPQ juga sangat antusias dan mendukung diadakannya kegiatan ini," tutur Erin Ayu Puspita selaku Penanggung jawab kegiatan.

Lomba Hafalan Surat Pendek dan Lomba Bacaan Sholat diadakan di Aula Kantor Desa Sukopuro, sedangkan Lomba Adzan bertempat di Mushola Al-Ikhlas Desa Sukopuro. Acara Festival Anak Beriman berlangsung meriah. 

Peserta sangat bersemangat dalam mengikuti rangkaian acara dari pagi hingga siang hari. Pada Lomba Hafalan Surat Pendek, peserta dapat memilih sendiri hafalan surat dari surat Al-Qori'ah sampai dengan surat An-Nas. Dewan Juri memberi nilai berdasarkan tajwid, makhraj, dan kelancaran. Kriteria yang dinilai dari Lomba Adzan adalah pelantunan lafadz, irama, dan kelancaran. Sedangkan untuk Lomba Bacaan Sholat, dewan juri menilai kelancaran, tajwid, dan fashohah.

Mahasiswa KKN UM
Mahasiswa KKN UM
"Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Kemampuan peserta juga sangat bervariasi. Ada beberapa anak yang menggunakan qiro'ah dan yang lain menggunakan tartil" tutur Maisuna Kundariati, salah satu Juri Festival Anak Beriman.

Untuk kategori Lomba Adzan Juara I dimenangkan oleh Fathir dari TPQ Nurul Huda Dusun Loring, Juara II dimenangkan oleh Farel Putra Akbar dari TPQ Darul Ulum Desa Loring, dan Juara III dimenangkan oleh Hayden dari TPQ Nurul Huda Dusun Loring. 

Untuk kategori Lomba Bacaan Sholat Juara I dimenangkan oleh Ria dari TPQ Nurul Huda Dusun Loring, Juara II dimenangkan oleh Hanin Ali Muaffa dari TPQ Darul Ulum Dusun Loring, dan Juara III dimenangkan oleh Lia dari TPQ Nurul Huda Dusun Loring. Sedangkan untuk kategori Lomba Hafalan Sholat Juara I dimenangkan oleh Yana Dwi Lestari dari TPQ Darul Ulum Dusun Loring, Juara II dimenangkan oleh Thoriq dari TPQ Nurul Huda, dan Juara III dimenangkan oleh Sinta Suryani dari TPQ Darul Ulum Dusun Loring.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x