Mohon tunggu...
Aditya Prayoga
Aditya Prayoga Mohon Tunggu... Arsitek - Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Pemberdayaan Kelompok Usaha pada Era Digital

1 September 2022   22:36 Diperbarui: 1 September 2022   22:45 136 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Secara umum pemberdayaan memiliki berbagai macam pengertian, beberapa pengertian pemberdayaan dari berbagai tokoh, diantaranya adalah sebagai berikut: 

Menurut Eddy Papilaya yang dikutip oleh Zubaedi, bahwa Pemberdayaan adalah upaya untuk membangun kemampuan masyarakat, dengan mendorong, memptivasi, membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki dan berupaya untuk mengembangkan potensi itu menjadi tindakan nyata.

Selaras dengan yang diungkapkan oleh Zubaedi, bahwa Ginandjar Kartasasmitha menyatakan bahwa pemberdayaan adalah suatu upaya untuk membangun daya itu, dengan cara mendorong, memotivasi, dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimilikinya serta berupaya untuk mengembangkannya.

Dalam pemberdayaan kelompok usaha di era digital, hal yang harus di pikirkan kemudian di rancang adalah strategi pemasaran. Suatu produk yang baik akan menjadi percuma jika tidak diimbangi dengan strategi pemasaran yang tepat.

Hal ini karena tanpa adanya strategi pemasaran yang tepat, maka akan sulit untuk menjual suatu produk bahkan mengembangkan suatu bisnis. mengingat saat ini, jumlah pesaing yang sudah semakin tinggi di berbagai bidang bisnis termasuk dalam bisnis.

Untuk itulah, dalam hal ini mengetahui strategi pemasaran itu sangatlah penting. Sehingga dapat merancang strategi pemasaran dengan baik, sehingga dapat menjangkau dan menjaring konsumen lebih banyak dan mudah menggunakan strategi sebagai berikut :
Komunikasi

Komunikasi bukan hanya sekedar promosi saja, agar bisa memahami apa yang mereka butuhkan, Langkah lain yang harus kita lakukan adalah melalui Media Sosial. 

Dengan melakukan promosi gula aren di media sosial maka di harapkan jangkauanya akan mencakup secara luas, dan menjalin komunikasi dengan konten yang kita sajikan terhadap calon konsumen,dan berharap calon pembeli akan tertarik dengan produk yang kita jual.

Memberikan Manfaat Strategis

Adalah manfaat yang dibutuhkan oleh konsumen terkait manfaat  produk yang ditawarkan oleh penjual sehingga konsumen akan berfikir bahwa produk yang akan di tawarkan memiliki segudang manfaat.

Memanfaatkan  Berbagai Media Dan Aplikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan