Mohon tunggu...
Aditya Permana
Aditya Permana Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Cerita Sukses ala Rio Motret

19 Desember 2016   15:17 Diperbarui: 19 Desember 2016   15:24 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salam bahagia untuk semuanya ya.Oke postingan gue kali ini akan membahas mengenai tugas salah satu mata kuliah gue mengenai creative marketing . Kelompok gue membahas salah satu fotografer paling fenomenal menurut kelompok gue karena cara  dia memarketingkan brand nya sendiri terbilang sangat unik dan berbeda di bandingkan rekan-rekan fotografernya lainnya.Siapa sih yang tidak kenal RIO MOTRET yang bernama asli RIO WIBAWA .

Dia terkenal sekali memotret artis-artis terkenal indonesia Total ada sekitar 130 artis yang pernah difoto Rio. Dari jumlah tersebut, yang paling sering ia foto adalah  Ivan Gunawan, 3Diva, Rossa, Sandra Dewi, Chelsea Olivia, Ussy Sulistiawati, Raline Shah, Gisella-Gading Marten, dan Ruben-Sarwendah.Dari sekian banyak seleb, memotret Krisdayanti merupakan salah satu pengalaman yang  berkesan bagi Rio. Pasalnya KD merupakan penyanyi favoritnya.Hebat bukan ?! akan tetapi Kesuksesan RIO MOTRET tidak didapat secara mudah ia dapatkan begitu saja.

Dulu disaat mengawali karirnya Rio mengaku pernah dibayar sebesar 50rb .Tetapi, karena menjadi passion ia ikhlas menjalaninya saja.Dan bayangkan guys saat ini dengan kerjas kerasnya ,sekarang rio menjadi fotografer paling digemari oleh kalangan selebriti maupun masyarakat awam bayangkan untuk pemesanan paket foto harganya saja bervarian dari kisaran harga 10.000.000 hingga 50.000.000 untuk jasa fotonya saja dan harus melakukan appointment terlebih dahulu.WOW! jadi guys kalau kalian mau menggunakan jasa Rio Motret harus siap budget dulu ya dan sabar antrinya haha.Dan sampai saat ini, ia sudah mempunyai tim motret sendiri, 2 studio & 20 karyawan

Alasan mengapa kelompok gue memilih Rio Motret sebagai subjek tugas kami .Karena salah satu pameran foto yang berjudul “ALKISAH” itu menarik perhatian kami sekali. Menurut kami Kreativitas,Value,Message dari Rio motret tersampaikan sangat baik sekali di setiap lukisan nya yang berjudul “ALKASIH”.

Bagi kalian guys yang belum pernah tahu mengenai alkisah itu apa sebenarnya itu pameran yang dibuat oleh Rio sebagai strategi pemasaranya dia yang dikemas dengan konsep “Cerita Rakyat” dari Indonesia.Rio mengangkat 17 Cerita rakyat dari berbagai daerah .Proses pemotretan yang berlangsung dari 18 Juni hingga 29 Juli 2015 ini berisikan cerita-cerita rakyat dari berbagai daerah seperti, Sabai Nan Aluih dari Sumatera Barat, Si Pitung dari Jakarta, Lutung Kasarung dari Jawa Barat,

 Sangkuriang dari Jawa Barat, Jawa Tarub & 7 Bidadari dari Jawa Tengah, Roro Jonggrang dari Yogyakarta, Bawang Merah Bawang Putih dari Yogyakarta, Keong Mas dari Jawa Timur, Ande Ande Lumut dari Jawa Timur, Calon Arang dari Jawa Timur, Malin Kundang dari Sumatera Barat, Timun Mas dari Jawa Tengah, Nyi Roro Kidul dari Yogyakarta, Danau Toba dari Sumatera Utara, Asal Mula Banyuwangi dari Jawa Timur, Drupadi dari Legenda Mahabharata, dan juga Rara Mendut dari Jawa Timur.

Proyek pameran foto ini juga dijadikan sebagai momen penyambutan hari kemerdekaan Indonesia dan juga bentuk apresiasi Rio yang telah berkarya selama 10 tahun di tanah air. Berbekal pertemanan yang kuat dengan para selebritis dan pelaku seni, Rio berhasil memotivasi lebih dari 60 selebritis ternama, 15 desainer Indonesia , dan puluhan pengarah gaya dan juga penata rias untuk bekerjasama dalam merealisasikan 17 cerita rakyat yang diangkat.Rio juga berkerja sama dengan Ari Tulang yang bertindak sebagai Show Director dan Djarum Fondation.

Kelompok gue menyimpulkan faktor-faktor penting yang menjadikan pameran ALKISAH bisa sukses sampai saat ini terutama Cara Rio memarketingkan pameran Alkisah secara Online,yaitu:

•        Photo dikemas dengan cerita yang menarik yang diambil dari 17 cerita rakyat yang berbeda-beda

•        Model nya diperankan oleh lebih dari 60 artis dan aktor dan berkolaborasi dengan pelaku seniman lainnya

•        Bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation sebagai bentuk kerja sama nyata mendukung budaya Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun