Mohon tunggu...
Aditya Nanda Difa
Aditya Nanda Difa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Saya adalah seorang mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Menguasai Numerasi Dasar Menggunakan Permainan Kartu

21 September 2021   00:48 Diperbarui: 21 September 2021   00:54 52 0 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kemampuan numerasi dasar merupakan salah satu kemampuan kunci dalam menghadapi dalam menghadapi globalisasi yang sedang berlangsung pada masa ini. Keterampilan numerasi dasar penting untuk dikuasai karena sangat berpengaruh bagi keberhasilan generasi manapun. Seseorang yang mampu menguasai dapat memahami informasi lebih mudah.

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan numerasi dasar adalah dengan bermain kartu, terutama permainan kartu yang melibatkan banyak operasi matematika seperti permainan kartu 24 yang menggunakan kartu remi.

Cara bermain kartu 24 sendiri termasuk permainan kartu yang dapat dipahami dengan mudah. Aturan nilai kartu di permainan ini sudah ditentukan terlebih dahulu dengan nilai kartu As sebagai 1, dan King, Queen, dan Jack sebagai 10. Permainan diawali dengan mengocok kartu secara acak yang kemudian dibagikan secara merata kepada para pemain tanpa melihat isi kartu-kartu tersebut. Kemudian dijatuhkan 4 kartu ke papan permainan. Dari 4 kartu yang telah dijatuhkan, para pemain harus merakit cara agar dapat menghasilkan angka 24 dari keempat kartu-kartu tersebut. Untuk merakit cara penyelesaiannya, para pemain dapat menggunakan metode numerasi dasar seperti kali (x), bagi (:), kurang (-), dan tambah (+).

Sebagai contoh, katakanlah kartu yang dijatuhkan memiliki nilai angka 4,5,9, dan 2. Maka cara penyelesaiannya dapat dilakukan dengan cara 4+2 = 6 dan 9-5 = 4. Maka didapat formula dengan nilai angka 6 dan 4. Kedua angka tersebut dapat dikalikan dan dapatlah hasil 24. Jadi cara penyelesaiannya adalah 4+2;9-5; kemudian 6x4. Kombinasi yang umum digunakan adalah kombinasi angka 8x3, 6x4, 12x2, 15+9, 30-6, 18+6, dan 48:2.

Permainan kartu ini dapat melatih kemampuan aritmetik dan kecepatan berpikir. Model permainan ini memiliki latihan menyederhanakan masalah dengan nilai angka-angka sehingga mudah dioperasikan pemecahannya. Bagi pembaca yang memiliki kesulitan dalam numerasi dasar, mungkin dapat mencoba permainan ini agar dapat meningkatkan kemampuan aritmetiknya. (Aditya Nanda Difa/UPI)

Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan