Mohon tunggu...
Aditya Kurniawan
Aditya Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis Lepas

TTL: Surakarta, 06 Juni 1999

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN COVID-19 UNS: Edukasi dan Pengabdian Secara Nyata Mahasiswa kepada Masyarakat

16 Juli 2020   22:46 Diperbarui: 16 Juli 2020   22:38 4 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN COVID-19 UNS: Edukasi dan Pengabdian Secara Nyata Mahasiswa kepada Masyarakat
Pembagian Masker dan Buku Panduan New Normal secara Gratis Kepada Masyarakat/dokpri

Oleh : Aditya Kurniawan

 

Kartasura, 16 Juli 2020. Universitas Sebelas Maret Surakarta atau UNS tetap menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) meskipun sedang menghadapi pandemi Covid-19. KKN pada tahun ini sangat berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya, karena KKN pada saat ini diselenggarakan secara perseorangan atau individu berdasarkan daerah tempat tinggal atau domisili mahasiswa masing-masing. 

KKN tersebut memiliki tema besar KKN COVID-19 karena KKN tersebut dillakukan pada masa pandemi Covid-19 dan disertai dengan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 telah dianjurkan oleh pemerintah seperti menjaga jarak di tempat umum, memakai masker, mencuci tangan setiap saat setelah melakukan kegiatan di luar ruangan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

KKN tetap dilaksanakan dengan tujuan menciptakan masyarakat yang tanggap dan paham mengenai seberapa besar bahaya pandemi Covid-19 ini, serta untuk mencegah penularan virus Covid-19 yang semakin hari semakin masif yang ditakutkan akan menular pada warga kampung. 

Salah satu mahasiswa UNS yang terjun pada KKN Covid-19 UNS yaitu Aditya Kurniawan bersama Ibu Diana Tantri Cahyaningsih S.H.,M.Hum., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) melaksanakan KKN di wilayah Kampung Kuyudan, Kelurahan Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo yang dilaksanakan dari 2 Juni 2020 sampai 17 Juli 2020.

Kampung Kuyudan merupakan tempat berlangsungnya kegiatan dan beberapa program kerja KKN karena merupakan tempat tinggal atau domisili dari mahasiswa yang bersangkutan. Saya (Aditya) memutuskan untuk memilih tema besar Supporting Pemahaman Masyarakat Mengenai Pandemi Covid-19 agar masyarakat yang berada di Kampung Kuyudan lebih waspada terhadap bahaya penyakit dari virus Covid-19 yang bisa dikatakan penyebarannya cukup masif karena bisa menular melalui droplet orang yang positif dan benda yang tidak steril karena terkena droplet dari orang yang positif sehingga menyebabkan seseorang mudah tertular virus Covid-19.

Kegiatan yang dilakukan oleh Aditya selaku mahasiswa yang sedang menjalani KKN di Kampung Kuyudan dilaksanakan secara daring atau online demi mencegah masyarakat berkumpul dan juga mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kegiatan yang dilakukan secara online meliputi pemahaman mengenai bahaya pandemi virus Ccovid-19.

Cara mencegah penyebaran virus Covid-19 dan pemahaman mengenai cara memakai masker yang baik dan benar serta cara mencuci masker kain yang benar melalui media sosial Instagram yang ditujukan bukan hanya menyasar warga Kampung Kuyudan tetapi agar informasi tersebut bisa lebih disebarluaskan lagi oleh orang-orang yang telah membacanya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan secara langsung yaitu penempatan fasilitas kesehatan tempat cuci tangan beserta sabun cuci tangannya, membagikan masker dan buku panduan new normal secara gratis kepada masyarakat Kampung Kuyudan serta penempelan poster dan MMT di tempat strategis yang sering dilalui oleh warga Kampung Kuyudan dan yang lain sebagainya. Kegiatan yang dilakukan secara langsung atau terjun di lapangan tetap menerapkan protokol kesehatan serta dilakukan secara bertahap.

Kegiatan KKN COVID-19 UNS ini menghasilkan masyarakat yang lebih paham mengenai bahaya pandemi virus Covid-19 dan bagaimana cara agar tidak tertular virus Covid-19. Kebutuhan penunjang kesehatan masyarakat juga menjadi terpenuhi seperti masker dan sabun cuci tangan di tempat umum menjadi terpenuhi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x