Mohon tunggu...
Ahmad Aditya
Ahmad Aditya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga Yogayakarta Prodi Ilmu Komunikasi - NIM : 20107030063

Y

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Novel Karya Fiersa Besari: Patah Hati yang Menguatkan Diri

14 Juni 2021   16:06 Diperbarui: 14 Juni 2021   16:35 1271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi novel Arah Langkah-penerbitdeepublish.com

Novel Karya Fiersa Besari : Patah Hati yang Menguatkan Diri

Fiersa Besari adalah seorang seniman kelahiran bandung yang kerap disapa dengan panggilan "Bung". Ia dikenal sebagai musisi, penulis dan juga karena tulisan-tulisannya yang ada di media social. Kata-katanya tentang patah hati ataupun pelajaran hidup yang mudah dipahami membuat para kalangan muda menyukai tulisan-tulisannya.

Dari segala ketenarannya yang sekarang ia miliki, siapa sangka bahwa semuanya berawal dari dirinya yang patah hati karena dikhianati oleh tunangannya dan memutuskan untuk menjelajahi negeri untuk mencari jati diri. Cerita hidupnya ini dapat kalian temukan dalam karya novelnya yang berjudul "Arah Langkah" dan juga lanjutannya "Tapak Jejak".

Novel ini sangat cocok untuk kalian yang berjiwa petualang. Dengan berbekal tekad dan segala perlengkapan yang terbatas, Fiersa Besari dan beberapa temannya yaitu Prem dan Baduy memulai petualangannya setelah pamit kepada keluarganya.  Di dalam perjalanannya Bung Fiersa menemui berbagai rintangan, mulai dari kekurangan uang, perselisihan, dan juga teman-temannya yang memutuskan untuk berhenti melanjutkan perjalanan karena alasannya masing-masing. Namun karena dukungan dari beberapa temannya, Bung Fiersa tetap melanjutkan perjalanannya untuk sampai di Indonesia bagian timur. Meski dengan bekal seadanya, menumpang kendaran, menginap dimana saja, Bung Fiersa tetap melanjutkan perjalanannya menyusuri seluk beluk Indonesia.

ilustrasi novel Tapak Jejak-Sumber: tebuireng.online
ilustrasi novel Tapak Jejak-Sumber: tebuireng.online
Dalam perjalanan ini, banyak sekali hal yang bias dijadikan pembelajaran oleh Fiersa Besari dan juga bagi kita para pembaca. Begitu banyaknya ritual yang budaya di Indonesia, Toleransi yang begitu besar, menemukan sahabat baru, pengalaman baru, suasana baru semuanya Bung dapatkan dalam setiap perjalanannya. 

Alur dalam novel ini juga tidak membosankan dicampur dengan flash back antara dirinya dengan mantan kekasihnya yang bernama mia. Memang dalam novel ini, Bung Fiersa memilih melarikan diri akibat patah hati, namun dia melarikan diri kea rah yang lebih baik yang juga menguatkan dirinya. Mungkin hal ini juga lah yang membuat beberapa karya-karya nya yang lain baik itu lagu ataupun buku berisikan tema patah hati.

Berikut adalah beberapa karya novel Fiersa Besari lainnya yang juga sangat terkenal dan menarik untuk dibaca.

  • Garis Waktu

ilustrasi novel Garis Waktu-id.carousell.com
ilustrasi novel Garis Waktu-id.carousell.com
Pada sebuah garis waktu yang merangkak maju, akan ada saatnya kau bertemu dengan satu orang yang mengubah hidupmu untuk selamanya. Kemudian, satu orang tersebut akan menjadi bagian terbesar dalam agendamu. Dan hatimu takkan memberikan pilihan apa pun kecuali jatuh cinta, biarpun logika terus berkata bahwa risiko dari jatuh cinta adalah terjerembab di dasar nestapa.

Novel ini bercerita tentang tokoh Aku yang langsung jatuh cinta saat bertemu tokoh Kamu. Namun ternyata kamu sudah Bersama dengan yang lain. Dan akhirnya Aku hanya dapat memendam perasaannya dan terjebak dalam hubungan yang bernama persahabatan dan tetap menemani Kamu dengan segala keluh kesahnya. Dan pada suatu titik, mereka berdua akhirnya jadian, namun ternyata semuanya tetap tidak mudah. Adanya Mimpi, Cita-cita, bahkan kehadiran orang lain membuat mereka terpisah. Hingga akhirnya mereka dihadapkan pada pilihan antara memperjuangkan atau melepaskan.

Novel ini menggunakan gaya Bahasa puitis khas Fiersa Besari yang mudah dipahami. Beberapa kata-kata Bung Fiersa juga kerap dikutip oleh netizen di media social. Novel ini sangat cocok dibaca kalian para kalangan muda dan juga yang menyukai novel sederhana dengan tidak terbelit-belit. Banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil ketika membaca karya Bung Fiersa yang satu ini.

ilustrasi Novel Konspirasi Alam Semesta-secercah.web.id
ilustrasi Novel Konspirasi Alam Semesta-secercah.web.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun