Mohon tunggu...
Aditya Firmansyah
Aditya Firmansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Perkaya Pengetahuan Siswa SMP dengan Literasi

25 September 2021   04:59 Diperbarui: 25 September 2021   05:17 48 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Perkaya Pengetahuan Siswa SMP dengan Literasi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN Tematik) Tahun 2021 Gelombang II yang diadakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia yang diberikan nama Literasi dan Rekognisi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Pusat Prestasi Nasional. Hal itu juga didasari dari skor Programme for International Student Assesment (PISA) yang rendah. untuk skor membaca sendiri Indonesia menduduki peringkat 72 dari 77 negara, skor matematika berada diurutan 72 dari 78 negara dan untuk skor sains diurutan 70 dari 78 negara.

Untuk itu Universitas Pendidikan Indonesia ikut andil dalam menanggulangi rendahnya perolehan skor PISA Indonesia dengan cara yakni Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia merumuskan kegiatan KKN Tematik Literasi dan Rekognisi Program MBKM-Puspresnas. Dengan cara memiliki tema KKN Tematik yakni Mengembangkan Literasi (Literasi Baca dan Tulis, Numerasi, Sains, Digital, Finansial Budaya dan Kewargaan) dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Pusat Prestasi Nasional.

Sasaran dari program wajib (Literasi Baca Tulis, Numerasi dan Sains) yakni siswa TK/Paud, SD/MI, SMP/Mts, TBM dan PKBM. Selain itu juga melibatkan Guru 2 Orang dan juga melibatkan orang tua siswa.

Mahasiswa yang menjadi peserta KKN Tematik 2021 Gelombang II dituntut untuk mendampingi siswa dalam proses kegiatan literasi baik itu literasi baca tulis, numerasi hingga sains. Tidak hanya mendampingi tetapi mahasiswa juga dituntut untuk bisa mengajar dan mengajak siswa berdiskusi tentang hasil bacaannya.

Literasi inilah yang membuat siswa mendapatkan pengetahuan baik itu secara khusus maupun pengetahuan secara umum, dan siswa juga dituntut untuk mulai berpikir secara kritis dan logis.

Tetapi banyak siswa memang kurang aktif dalam progam literasi yang diadakan oleh Mahasiswa, karena memang terkendala pada sistem daring, mulai dari terkendala soal koneksi Internet, membantu orang tua bekerja dan juga pada kesibukan sekolah yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

Tetapi itu tidak menuyurutkan semangat para mahasiswa yang menjadi peserta KKN Tematik 2021 Gelombang II, kami akan tetap berusaha membantu para siswa agar lebih giat literasi.

Waktu kami para mahasiswa sudah habis, saatnya para guru dan orang tua yang melanjutkan perjuangan kami dalam mendidik dan mendampingi siswa dalam program literasi ini, dan saya harap itu akan terus berlanjut hingga suatu saat nanti.

Setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan. Sedih, candaan dan tawaan para siswa menjadi motivasi bagi saya untuk tetap melangkah hingga seribu langkah lagi untuk mengabdi kepada masyarakat terutama kepada siswa. Terimakasih para siswa SMPN 51 Bandung, sampai bertemu dilain waktu!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan