Mohon tunggu...
Aditiya KaruniaPutra
Aditiya KaruniaPutra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Upaya Pencegahan Campak dan Diare dengan Pemberian Vitamin A pada Balita RW 07 Desa Mekarsari

15 Agustus 2022   17:05 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:15 75 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada rentang waktu 11 Juli hingga 10 Agustus 2022 yang diikuti oleh sekitar 7.089 Mahasiswa pada tahun ajaran 2021/2022. Dengan rincian 5.607 mahasiswa mengikuti kegiatan KKN Reguler, 1.475 mahasiswa mengikuti kegiatan KKN Rekognisi dan 7 Mahasiswa mengikuti kegiatan KKN Kebangsaan.

Kuliah Kerja Nyata Tematik 2021/2022 bertemakan "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM". Adanya tema tersebut sebagai mengimplementasikan SDGs Desa untuk mewujudkan Desa tanpa Kemiskinan dan Kelaparan, Desa tumbuh ekonomi merata, Desa Peduli Kesehatan, Desa Peduli Lingkungan, Desa Peduli Pendidikan, Desa Ramah Perempuan, Desa Berjejaring dan Desa Tanggap Budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. 

Pada tanggal 3 Agustus 2022, mahasiswa KKN Tim 2 kelompok 78 melakukan pengabdian pada masyarakat berupa kegiatan pemberian vitamin A di Posyandu. Vitamin A ini dibagikan kepada anak balita secara gratis. Program tersebut dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu bulan Februari dan Agustus, sehingga sering disebut dengan bulan Vitamin A. 

Kapsul Vitamin A dapat diperoleh secara gratis di posyandu maupun puskesmas terdekat. Pemberian kapsul vitamin A pada balita ini sangat penting melihat manfaat dari vitamin A tersebut adalah memiliki peran penting terhadap kesehatan fungsi penglihatan dan mendukung tumbuh kembang balita. 

Vitamin A yang dibagikan adalah vitamin A dosis tinggi, ada 2 jenis vit A yang diberikan yaitu yang biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 sd 11 bulan, dan yang merah (200.000 IU) untuk usia 12 sd 59 bulan.Vitamin A juga diberikan bagi ibu nifas ( menyusui bayi hingga usia 42 hari).

Balita Kurang Vitamin A (KVA) masih saja menjadi masalah di seluruh dunia terutama pada Negara berkembang dan juga dapat terjadi pada semua kalangan usia pada masa pertumbuhan maka dari itu pemerintah dalam menyikapi masalah tentang kekurangan vitamin A melalui suplementasi Vitamin A dosis tinggi kepada anak balita.

Berikut manfaat bagi balita yang mengkonsumsi Vitamin A :
• Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare.
• Membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap.
• Mencegah kelainan pada sel –sel epitel termasuk selaput lender mata.
• Mencegah terjadinya proses metaplasi sel –sel epitel sehingga kelenjar tidak memproduksi cairan yang dapat menyebabkan kekeringan mata.
• Mencegah terjadinya kerusakan mata hingga kebutaan.
• Vitamin A esensial untuk membantu proses pertumbuhan

Maka dari itu Ibu yang baru melahirkan harus betul-betul memahami pentingnya vitamin A bagi balita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan