Mohon tunggu...
Adisty Nur Afni Winaya
Adisty Nur Afni Winaya Mohon Tunggu... MAHASISWA

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Penyebab Membenci Diri Sendiri

25 Januari 2021   14:30 Diperbarui: 25 Januari 2021   14:52 55 3 0 Mohon Tunggu...

Judul               : Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah

Penulis                        : Munita Yeni

Penerbit                       : Psikologi Corner

Tahun Terbit   : 2018

Kota penerbit : Yogyakarta

Jumlah Halaman         : 217 Halaman

ISBN               : 978-602-5907-78-4

Buku ini merupakan salah satu buku yang diterbitkan oleh Psikologi Corner. Buku ini ditulis oleh Munita Yeni. Semasa kuliah, penulis mengikuti kegiatan penelitian dan kepenulisan di fakultasnya. Buku ini memliki slogan ‘sesungguhnya berpura-pura bahagia itu melelahkan’. Slogan ini mengatakan bahagialah secara ikhlas bukan terpaksa. Buku ini menjelaskan apa saja yang membuat kita lelah. Perasaan lelah datang ketika membenci diri sendiri, berkhayal tentang semua yang orang lain miliki dan tidak terdapat pada diri sendiri, serta selalu menyalahkan diri sendiri.

Pada awal buku pembaca akan menemukan pembuka dari semua bab. Disini saya menemukan sebuah kutipan “jangan memikirkan masa lalu, karena itu akan membuat hatimu sedih dan menyesal. Jangan melihat dan memikirkan masa yang akan datang, karena ituakan membuat hatimu menjadi khawatir dan cemas”. Dalam kutipan tersebut penulis menyampaikan bahwa diri sendirilah yang mempunyai kendali penuh atas keidupannya.

Buku ini menjelaskan apa saja penyebab dari membenci diri sendiri. Membenci diri sendiri terkadang membuat kita lelah. Membenci diri sendiri membuat kita berpikir yang berlebihan. Membenci diri sendiri membuat seseorang tidak percaya diri. Menurut buku ini terdapat bebrapa penyebab membenci diri sendiri antara lain :

  • Sifat egois
  • Terlalu sensitif
  • Suka adu argument
  • Suka mengecam
  • Pemarah
  • Sulit memaafkan
  • Cemburu
  • Tidak mau mengalah
  • Sulit menerima pujian

“kita melakukan ini bukan untuk orang lain, bukan untuk mencari pengakuan di mata orag terpenting bagikita, melaikan untuk mendapatkan pengakuan dari diri kita sendiri” itulah kutipan yang saya dapatkan ketika membaca buku ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x