Mohon tunggu...
Adistya Anggita Melina
Adistya Anggita Melina Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Waktu dan Cara yang Tepat agar Belajar Lebih Efektif

23 Januari 2022   22:35 Diperbarui: 23 Januari 2022   22:55 127 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Hallo kawan-kawan, apakah ada diantara kalian yang selalu merasa susah konsentrasi saat belajar? Atau bahkan merasa tidak fokus saat belajar? Tenang... Hal seperti itu sangat wajar. Karena semua orang pasti pernah berada di posisi itu. Banyak sekali problem yang dihadapi orang-orang ketika belajar, tidak hanya susah konsentrasi atau tidak fokus saja. 

Setiap orang memiliki masalah yang beragam ketika belajar dan kita sebagai orang lain tidak tahu persis apa penyebabnya. Diri sendiri-lah yang bisa memahami penyebabnya. Namun, di sebagian orang, ada juga yang merasa bingung atau bahkan tidak tahu penyebab belajarnya menjadi tidak maksimal. Nah, masalah-masalah seperti itu bisa disimpulkan bahwa belajar yang dilakukan kurang efektif. Artinya, tidak seratus persen apa yang kita pelajari dapat kita pahami. Pasti kalian sudah berusaha untuk introspeksi diri, bahkan terkadang orang-orang mencari solusi dari teman atau dari sumber lain seperti google dan media lain.

Nah, karena penulis juga sering merasakan masalah apa yang kalian rasakan ketika belajar, maka disini penulis akan membagikan tips dan trik supaya belajar menjadi lebih efektif. 

Pertama, carilah penyebab yang membuat kalian susah konsentrasi saat belajar. Penyebab belajar tidak efektif versi penulis dikarenakan oleh dua hal, yaitu karena waktu dan cara belajar yang kurang tepat. 

Kedua, setelah mengetahui penyebabnya, maka carilah solusinya. Nah, solusi ini, untuk setiap orang mungkin bisa saja bermacam-macam. Karena tiap orang memiliki style-nya sendiri. Jadi, bisa saja cara A cocok diterapkan di untuk si A, namun tidak cocok untuk si B. Semua kembali lagi pada diri masing-masing.

Jika kalian sudah melakukan langkah pertama dan kedua, selanjutnya kita bisa menguraikan mengenai solusi-solusinya.

APAKAH WAKTU BELAJAR KALIAN SUDAH TEPAT?

Waktu belajar tiap orang berbeda. Jadi, kalian harus menemukan jam-jam yang rawan untuk belajar dan jam-jam yang bagus untuk belajar.  

1. Pukul 03.00 - 06.00

Waktu dini hari adalah waktu yang paling tepat untuk belajar. Karena di waktu itu kita dalam kondisi yang fresh. Kondisi tersebut terjadi karena sebelumnya kita telah beristirahat atau tidur. Saat tidur pikiran, jiwa, dan raga pun ikut beristirahat. Ketika bangun, maka tubuh kita akan merasa lebih segar atau relaks. Energi pun akan terasa full dan semangat untuk memulai kegiatan di hari itu pun terasa lebih membara

 Selain itu, suasana, keadaan, dan hawa di dini hari terasa lebih nikmat untuk belajar. Karena di jam itu, lingkungan masih sangat sepi dan hawa-hawa sejuknya menjelang pagi seperti membawa semangat belajar yang lebih tinggi. Nah, disaat itulah menjadi hal yang bagus untuk menyerap materi ketika belajar.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan