Mohon tunggu...
Adis Setiawan
Adis Setiawan Mohon Tunggu... Buruh - Mahasiswa | Penulis Lepas

Ikatlah Ilmu Dengan Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Perbedaan Awal Ramadan Dikalangan Orang Awam

13 Mei 2019   20:01 Diperbarui: 13 Mei 2019   20:15 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa sih Muhammadiyah itu kok disejajarkan dengan pemerintah ?

Anda awal puasa dan Idul Fitrinya ikut Muhammadiyah apa ikut pemerintah?biasanya opini yang berkembang di masyarakat seperti itu 

Tulisan ini pendapat pribadi saya bukan mewakili Muhammadiyah karena saya belum Muhammadiyah Banget

Saya akan mengartikan secara umum di lingkungan masyarakat awam dulu apa itu Muhammadiyah ?, Menurut pengamatan saya yang hidup berada di jama'ah masyarakat bawah dan di bantu data dari membaca komentar komentar dimedia sosial yang lewat diberanda saya.

 Bahwa yang dinamakan Muhammadiyah itu bisa disimpulkan adalah yang ciri cirinya sebagai berikut : Shalat tarawih 11 rakaat , yang Tidak ikut yasin-an , yang Tidak ikut tahlil-an , Pakai Celana cingkrang, Jenggot panjang , Jidat hitam, Bagi Perempuanya Pakai niqab cadar, Saya kaget keterangan seperti itu kok beda dengan ciri ciri saya yang simpatisan dan lagi belajar Muhammadiyah ini.

Saya diyakinkan setelah menemukan fakta pada waktu itu ada tetangga kasih informasi ke saya, karena tetangga tahu kalau saya adalah simpatisan Muhammadiyah memberi Info ke saya begini  "itu orang yang rumahnya diatas beliau itu Muhammadiyah lho mas".

 Setelah saya cek tabayyun kepada para senior dan lihat kerumahnnya ternyata beliau bukan berormas Muhammadiyah Tapi orang tersebut ber-Ormas Persis (Persatuan Islam ), Kalau seperti ini bisa masuk akal masalahnya lambang Ormas Persis hampir mirip dengan Ormas Muhammadiyah jadi Ormas Persis pun disebut oleh warga yang awam bagian dari Muhammadiyah.

Contoh lain ada lagi yang memberi info begini "itu yang rumahnya di sebelah atas kiri itu juga Muhammadiyah lho mas " setelah saya cek dan saya pahami ternyata "Orang tersebut bermanhaj salafy" walapun orangnya tidak mau menyebut dirinya Salafy karena demi persatuan atau kerukunan sesama umat islam bersaudara dan jangan merasa paling benar sendiri , Cuma saat berbincang bincang sama apa tidak dengan nilai perjuangan Muhammadiyah lebih tepatnya cabang ilmu fiqih, oh ternyata terdapat perbedaan.

Misalkan Muhammadiyah membolehkan sistem pemilu demokrasi , Muhammadiyah Melakukan Jihad konstitusi UU yang merugikan Masyarakat, Muhammadiyah Tidak Mengharamkan Ziarah Kubur Tergantung Niat-nya Untuk apa.

Muhammadiyah menentukan Awal puasa dan Ramadhan dengan metode Hisab bagi mereka itu mengada ada karena nabi menggunakan Rukyat dan juga untuk  menaati pemimpin karena negara ini menggunakan rukyat, Dan masih banyak lagi perbedaan itu, tapi saya tidak sedang mencari perbedaan perbedaan itu , Semakin banyak perbedaan di sebutkan semakin banyak yang ketinggalan begitu Rojer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun