Mohon tunggu...
Muhammad Sidiq Pamungkas
Muhammad Sidiq Pamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Adiq

Seorang Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro yang tertarik kepada Isu Hak Asasi Manusia, Isu Sosial Kemasyarakatan, Isu Lingkungan, dan Isu Kesehatan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengenalan dan Pelatihan Perencanaan Keuangan Keluarga bagi Ibu-Ibu PKK di Desa Sapta Marga

11 Desember 2022   21:19 Diperbarui: 11 Desember 2022   21:24 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemaparan Materi Terkait Perencanaan Keuangan Keluarga. (Dokumentasi pribadi)

Pengenalan dan Pelatihan Perencanaan Keuangan Keluarga Bagi Ibu-Ibu PKK di Desa Sapta Marga

Untuk mencapai suatu tujuan, tentunya kita harus melakukan suatu perencanaan. Begitu pula dengan keuangan terutama bagi keluargapun harus disiapkan dengan matang. Perencanaan menjadi kunci penting dalam proses awal mengatur keuangan. Apabila semua sudah direncanakan dengan matang maka proses kedepan yang kita jalani akan lebih mudah dan teratur. Karena segala kebutuhan yang ada di masa depan tentu tidak dapat diprediksi dengan mudah.

Pada Minggu, 13 November 2022 telah dilaksanakan beberapa kegiatan dari KKN TLK Tim 2 di Desa Sapta Marga yang terletak di RT 7 RW 1 Kelurahan Jangli, Kecamatan Tembalang. Salah satunya yaitu Pengenalan dan Pelatihan Perencanaan Keuangan Keluarga yang ditujukan untuk ibu-ibu PKK di desa tersebut. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan materi tentang perencanaan keuangan yaitu seperti apa maksud dari perencanaan keuangan, seberapa penting perencanaan keuangan, hingga bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan.

Setelah pemaparan materi awal, kemudian dilanjutkan ke materi berikutnya yaitu penjelasan mengenai keuangan yang sehat karena akan berpengaruh kedalam proses perencanaan itu sendiri. Pada bagian ini disampaikan cara memeriksa apakah keuangan yang dimiliki sudah sehat. Kemudian disampaikan pula solusi apabila keuangan yang dimiliki ibu-ibu tersebut masih belum sehat. Salah satunya adalah solusi ketika terlilit utang. Sumber utama penyebab terlilit utang adalah terjadinya pembelian yang diluar batasan kemampuan. Hingga akhirnya utang menjadi solusi karena pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah pengendalian diri dalam memilah mana pengeluaran yang dibutuhkan dengan mana pengeluaran yang berupa keinginan atau yang masih bisa dikurangi.

Penyerahan Poster Kegiatan Kepada Ibu RT. (Dokumentasi pribadi)
Penyerahan Poster Kegiatan Kepada Ibu RT. (Dokumentasi pribadi)

Kemudian pemaparan terakhir disampaikan mengenai penjelasan apa itu anggaran, dan bagaimana cara melakukan penganggaran. Dibagikan kertas pelatihan yang bisa diisi ibu-ibu tersebut untuk memudahkan melakukan pelatihan mengenai penganggaran keuangan keluarga. Pada bagian ini kemudian disertai sesi tanya jawab yang disampaikannya beberapa masalah seperti ketika sudah mengalokasikan keuangan diawal, pada prakteknya uang yang sudah dialokasikan tersebut masih tidak dapat berjalan sesuai keinginan. Dari hasil diskusi disimpulkan bahwa masih kurangnya kemampuan menahan diri sehingga membuat alokasi
dana yang sudah direncanakan menjadi membengkak.

Setelah dilakukannya sesi pelatihan, kegiatan ditutup dengan dilakukannya penyerahan poster "Pelatihan dan Pengenalan Perencanaan Keuangan Keluarga" kepada Ibu RT di Desa Sapta Marga. Poster ini dapat digunakan sebagai bahan baca bagi warga Desa Sapta Marga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun