Mohon tunggu...
Adi Pras
Adi Pras Mohon Tunggu... Freelancer - Writer

Kalau nggak gini-gini aja, ya gitu-gitu aja

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tentang Introvert dan Ekstrovert

8 Agustus 2022   13:50 Diperbarui: 8 Agustus 2022   13:53 164 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kepribadian merupakan hal yang melekat pada diri manusia, manusia memiliki kepribadian masing-masing dan cenderung unik, itulah kenapa terdapat istilah individual differences yang menjelaskan bahwa setiap orang memiliki perbedaan individual masing-masing dari sisi kepribadian. Meskipun kita memiliki saudara kandung pun pasti antara kepribadian kita dan saudara kandung kita juga berbeda.

Selain itu tentunya kita pernah mendengar mengenai tipologi kepribadian. Suatu kepribadian seseorang yang digolongkan dan dimasukkan dalam tipe-tipe tertentu. 

Ada kepribadian melankolis, pragmatis dan lain-lain, ada kepribadian INFJ, ISTJ, ESTP, dan lain-lain. Ada juga kepribadian ektrovert dan introvert. Tipologi kepribadian yang terakhir ini lah yang sering kita dengar karena lebih sederhana, dan kepribadian ini lah yang akan dibahas dalam artikel ini. 

Akan tetapi perlu diingat, meskipun kepribadian digolongkan dalam beberapa tipe, setiap orang tetap memiliki keunikannya masing-masing, hal ini juga dikarenakan meskipun dua orang memiliki tipe kepribadian yang sama, mereka bisa saja memiliki tipe kepribadian yang berbeda apabila dilihat dari tipologi kepribadian yang lain.

Tentang Introvert dan Ekstrovert

Sumber: pixabay.com
Sumber: pixabay.com

Mungkin kita sering menganggap jika orang introvert lebih pendiam dan tidak mampu berbicara di depan umum dan orang ekstrovert lebih banyak berbicara dan mampu berbicara di depan umum. 

Akan tetapi pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Introvert dan ekstrovert bukanlah kepribadian yang membedakan kemampuan berbicara seseorang, nyatanya ada orang-orang introvert yang memiliki kemampuan public speaking yang tidak bisa dikatakan buruk, misalnya seperti Raditya Dika, siapa yang bisa bilang seorang standup comedian terkenal memiliki kemampuan public speaking yang buruk. 

Saya punya cerita tentang teman saya ketika sedang berada di Pare Jawa Timur Kampung Inggris, saat sedang belajar bahasa Inggris di salah satu lembaga di sana, saya bertemu seseorang yang cenderung pendiam, akan tetapi ia memiliki kelenihan dalam berpidato di depan umum. Begitu pun seorang ekstrovert juga belum tentu memiliki kemapuan public speaking yang baik.

Kepribadian introvert dan ekstrovert sebenarnya berhubungan dengan energi seseorang, lebih tepatnya tentang bagaimana seseorang mengisi dan menghabiskan energi mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan