Mohon tunggu...
Adi Pras
Adi Pras Mohon Tunggu... Freelancer - Writer

Kalau nggak gini-gini aja, ya gitu-gitu aja

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Hal Sia-Sia yang Dilakukan Saat Mahasiswa

12 Juli 2022   16:18 Diperbarui: 13 Juli 2022   09:04 92 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Menjadi mahasiswa adalah masa-masa paling idealis bagi setiap orang. Mahasiswa adalah orang-orang yang sudah dianggap dewasa akan tetapi mereka masih berstatus sebagai pelajar. Seorang mahasiswa umumnya memiliki fasilitas belajar yang beragam dari kampus tepat mereka belajar serta fasilitas dari luar kampus. Beberapa mahasiswa, mereka menghabiskan waktu untuk menguasai materi perkuliahan mereka, berorganisasi, mengikuti kegiatan di dalam atau di luar kampus, juga mengikuti kursus seperti kursus IELTS terbaik bagi mereka yang bercita-cita mengambil beasiswa ke luar negeri pada jenjang pendidikan selanjutnya. Kebanyakan kursus IELTS terbaik di Jakarta dimanfaatkan oleh para mahasiswa ini untuk mempersiapkan salah satu tahapan tes kemampuan bahasa Inggris ini.

Kembali ke kehidupan mahasiswa, idealisme mahasiswa ini dipengaruhi oleh semangat usia muda pada mahasiswa dan keingintahuan yang tinggi. Mereka membaca banyak buku mengenai pemikiran-pemikiran tokoh-tokoh besar bangsa, dan mereka melihat kondisi bangsa saat ini yang mereka rasa tidak sejalan dengan cita-cita tokoh pendiri bangsa. Selain melakukan aksi, ada juga mahasiswa yang mengejar prestasi, membanggakan nama mereka dan kampus mereka dengan kemampuan yang mereka miliki. Adapula mereka yang melakukan riset, melaksanakan peran mereka sebagai seorang akademisi. Apapun yang mereka lakukan merupakan hal-hal yang patut diapresiasi, mereka mengisi masa-masa muda mereka dengan hal-hal yang berguna bagi mereka sendiri maupun bagi orang lain. Akan tetapi ada beberapa hal yang sering di sia-siakan oleh mereka yang masih menjadi mahasiswa, apa saja hal itu? Berikut ulasannya:

Kamu Tidak Mengikuti Program Kursus Apapun

Banyak anak-anak muda yang mengasah kemampuan mereka dengan cara mengikuti kursus. Salah satunya adalah kursus bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris ini penting dikuasai bagi kita yang masih menjalani pendidikan sebagai seorang mahasiswa. Bahasa Inggris adalah menjadi mata pelajaran wajib yang kita temui di jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, dan bahkan di Perguruan Tinggi, dan kebanyakan masih belum juga mengusai kemampuan bahasa yang menjadi bahasa Internasional tersebut.

Kita tahu bahwa masa libur kuliah itu cukup panjang. Bisa satu atau dua bulan. Alangkah bermanfaat apabila kita memanfaatkan waktu tersebut untuk mengikuti program kursus bahasa Inggris atau kursus-kursus lain yang dapat meningkatkan kemampuan yang kita miliki. Tentunya kemampuan bahasa Inggris ini akan bermanfaat di waktu mendatang.

 

Kamu Tidak Pernah Mengunjungi Perpustakaan Kampus

Buku adalah jendela ilmu. Begitulah peribahasa yang menganajrkan kita untuk senantiasa membaca buku sebagai sumber ilmu pengetahuan. Banyak pemikiran-pemikiran para tokoh serta penemuan-penemuan dari para ilmuwan  pasti dituangkan dalam bentuk buku. Hal ini bertujuan agar buah pemikiran mereka dapat ditularkan pada orang lain khususnya generasi muda. Maka akan sangat disayangkan apabila kita sebagai mahasiswa tidak memanfaatkan fasilitas perpustakaan kampus yang bisa kita akses dengan mudah dan gratis selama kita masih menjadi mahasiswa kampus tersebut

 

Kamu Terlalu Banyak Nongkrong

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan nongkrong sekarang ini mulai menjamur di kalangan-kalangan anak muda. Kebiasaan ini bisa menjadi buruk apabila dilakukan tanpa kenal waktu. Kebanyakan anak muda nongkrong sembari bermain game dan bercerita hal-hal yang tidak perlu. Akan tetapi hal ini tidak sepenuhnya buruk, beberapa mahasiswa biasa berdiskusi di caffe karena caffe bisa dijadikan tempat berkumpul. Mungkin nongkrong dan bermain game bisa dijadikan sebagai bahan hiburan dan refreshing, akan tetapi perlu diingat bahwa kebiasaan tersebut bisa jadi adiksi dan berdampak buruk bagi diri sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan