Mohon tunggu...
Adi Prabowo
Adi Prabowo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang

Tujuan membaca dan menulis bukan untuk membuat kita pintar, melainkan membuat cara berpikir kita menjadi lebih sistematis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Narkoba No! Prestasi Yes! Tim KKN II Undip Melakukan Edukasi Tentang Narkoba

11 Agustus 2022   08:21 Diperbarui: 11 Agustus 2022   08:22 64 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 

Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Bahan Adiktif lainnya. Narkotika adalah zat/obat yang berasal dari tanaman/bukan tanaman, baik sinetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan/perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Psikotropika merupakan zat/obat bukan narkotika yang memiliki khasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Bahan adiktif merupakan bahan/zat yang berpengaruh psikoaktif di luar Narkotika dan Psikotropika yang menyebabkan kecanduan. Bedasarkan penjelasan tersebut diharapkan Siswa/Siswi SMPN 11 Semarang mengetahui dan memahami apa itu arti Narkoba. Dengan mengetahui dan memahami Siswa/Siswi SMPN 11 Semarang tidak ingin mencoba Narkoba. Disamping itu, Tim KKN Karangrejo juga memiliki Program kerja Edukasi tentang Narkoba yang berjudul "Jauhi Narkoba Bisa Jadi Kaya".

              

Tim KKN II Undip
Tim KKN II Undip

Program Kerja Multidisipliner ini dilaksanakan pada hari Senin, 1 Agustus 2022 di SMPN 11 Semarang tepatnya di Lapangan Sekolah saat usai Upacara Bendera. Sasaran Program kerja ini adalah Siswa/Siswi SMPN 11 Semarang. Seluruh Siswa/Siswi mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias.

     

Tim KKN II Undip
Tim KKN II Undip

Kegiatan diisi dengan memberikan demonstrasi atau kampanye Anti-Narkoba, dan memberikan edukasi dampak buruk narkoba bagi kehidupan pribadi dan bangsa Indonesia. Setelah memberi edukasi anti narkoba, tim KKN Karangrejo juga memberikan beberapa pertanyaan dalam bentuk kuis berhadiah dan pertanyaan yang diberikan berdasarkan materi edukasi yang telah disampaikan sebelumnya.

Berdasarkan hasil dari edukasi, hampir seluruh siswa-siswa mengerti apa itu narkoba, namun tidak semua paham terkait pengaruh atau dampak berbahaya dari penggunaan narkoba. Sehingga harapan dari tim KKN Karangrejo adalah siswa-siswi yang telah diberikan edukasi bisa mendapatkan pemahaman yang lebih luas mengenai bahaya narkoba, karena narkoba tidak hanya berdampak buruk pada kualitas hidup, tetapi juga kesehatan fisik dan mental penggunanya. Dengan adanya program ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat dengan terbentuknya karakter pemuda yang anti terhadap pengaruh narkoba, dikarenakan telah mengetahui terlebih dahulu akan dampak dan bahaya dari penyalahgunaan narkoba sehingga akan merasa enggan untuk mendekatinya.

Penulis: Irfandhika Adiyatma (Ilmu Komunikasi/FISIP), Adi Prabowo (Ilmu Pemerintahan/FISIP), Irma Aulia Tamara Fransisca (Ilmu Pemerintahan/FISIP), Khalylah Salwa Nafisah (Hubungan Internasional/FISIP), Khofifah Widowati Nur Uzma (Hukum/FH)

Dosen Pembimbing Lapangan: Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.T.

Lokasi KKN: Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang

KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan