Mohon tunggu...
Adipo Rahman
Adipo Rahman Mohon Tunggu... Dosen - Nobody

Seorang manusia yang tidak memiliki apapun, bahkan nyawa dan tubuh dia sendiri bukan milik dia.

Selanjutnya

Tutup

Film

Di Balik Cerita Nyata "Catch Me If You Can"

29 Juli 2022   19:52 Diperbarui: 29 Juli 2022   20:09 1367 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Film "Catch Me If You Can" adalah sebuah film yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Adalah Frank William Abagnale Junior dan Carl Hanratty yang menjadi tokoh utama dalam film ini. Frank Abagnale Jr adalah seorang penipu ulung dan Carl Hanratty adalah seorang polisi yang berhasil menangkap Frank Abagnale Jr dalam waktu bertahun-tahun. Frank Abagnale Jr diperankan oleh Leonardo DiCaprio sementara Carl Hanratty diperankan oleh Tom Hanks

Diceritakan dalam film itu, Frank Abagnale Jr adalah seorang penipu ulung yang mempunyai kecerdasan di atas rata-rata. Dengan kecerdasan dan daya ingat yang ia miliki, ia mampu mengumpulkan informasi, mengingatnya, memanipulasinya dan menjadikan peluang untuk mencuri uang melalui pemalsuan cek. Ia adalah warga negara Amerika Serikat yang mencuri dan merugikan tidak hanya negaranya sendiri tapi juga negara-negara eropah hingga jutaan dollar pada tahun 1960an. 

Penipuan yang pertama Frank Abagnale adalah menjadi seorang guru pengganti. Pada penipuan yang pertama ini, bukanlah untuk mendapatkan uang, tapi karena ingin membalaskan bullyan yang dilakukan murid lain kepadanya. Awal ia masuk sekolah, dan baru saja sampai di sekolah yang baru, ia dibully. Kemudian, setelah masuk ke dalam kelas untuk pertamakalinya, ia bertemu lagi dengan siswa yang membullynya tadi. Ia dibully lagi di dalam kelas. 

Ketika dia dibully, dia tidak sengaja mendengar informasi bahwa kelasnya pada saat itu akan diajar oleh guru pengganti yang baru dan belum pernah masuk ke kelas itu. Dengan spontan ia langsung "berperan" menjadi guru pengganti tersebut. 

Pakaian dan penampilannya juga cukup mendukung menjadi guru pengganti, sebetulnya penampilannya lebih cocok sebagai asisten guru, sehingga untuk menjadi guru pengganti ia juga terlihat meyakinkan. Ketika ia menjadi guru pengganti, ia membalaskan bullyan yang didapatnya tadi. Tapi ada masalah, ketika ia "mengajar" guru pengganti yang asli datang, dan dengan kemampuan berbicara yang meyakinkan, ia membuat guru pengganti yang asli tersebut malu dan keluar dari kelas dan membuat dirinya menjadi lebih leluasa "menguasai" kelas. Menjadi guru pengganti tidak berhenti disitu saja, ia bahkan sampai pada level mengumpulkan dan mengadakan pertemuan dengan orang tua murid dan mengadakan tour ke Prancis untuk melakukan study lapangan. Hal ini menjadi cikal bakal dari penipuan besar yang dilakukan oleh seorang Frank Abagnale. 

Carl Hanratty adalah seorang anggota FBI yang berhasil menangkap Frank Abagnale Jr setelah bertahun-tahun dengan cara memahami psikologisnya. Frank Abagnale Jr yang pada waktu itu masih berusia 16 tahun kabur dari rumah karena kedua orang tuanya bercerai. Ia tidak bisa menerima kenyataan itu sehingga memilih lari ketika ia ditanya mau ikut ayahnya atau ibunya. Ketika ia kabur, ia tidak punya uang untuk naik kereta. Yang ia punya hanya cek kosong yang diberikan ayahnya, tapi ketika digunakan untuk membayar kereta, semuanya ditolak oleh pihak stasiun dan ia disuruh pulang kembali oleh pihak stasiun. Saat itulah ia punya ide untuk memalsukan cek. Inilah awal kisah penipuannya dimulai. Motifnya hanya ingin mendapatkan kembali keluarganya yang bubar.

Pemalsuan cek tidak berjalan lancar pada saat itu, selalu saja ditolak. Sampailah pada saat ia melihat seorang pilot dikelilingi oleh pramugari-parmugari cantik. Melihat hal itu, ia mencoba mencari informasi bagaimana cara dan alur untuk menjadi seorang pilot, hingga akhirnya ia berhasil menjadi pilot gadungan yang sebetulnya ia takut terbang. Ketika ia menjadi pilot gadungan dan seiring berjalan waktu , ia mempelajari apa saja dan bagaimana alur sebuah cek bisa diuangkan. Jika pilot asli punya cek asli, maka ia membuat cek sendiri dan mengisinya sebesar nominal yang sesuai dengan aturan yang ada. Ia bahkan membeli sebuah mesin untuk mengkodekan sebuah cek di pasar gelap, dan hingga akhirnya ia mahir memalsukan dan menguangkan cek-cek yang ia buat sendiri.

Suatu saat ia bertemu ayahnya Frank Abagnale Senior, dan membelikan ayahnya sebuah mobil cadillac dengan maksud agar ayahnya yang telah bercerai dengan ibunya, mau mengajak ibunya jalan-jalan dan rujuk kembali. Inilah motif satu-satunya seorang Frank Abagnale  Jr, hanya ingin ayah dan ibunya rujuk kembali. Tapi ayahnya menolak cadillac pemberian Frank Jr. 

Semasa jadi pilot gadungan, ia tak pernah berhenti menyamar pula menjadi seorang pelajar yang melakukan wawancara. Ia selalu berusaha mengumpulkan informasi tentang alur kerja pilot hingga seorang pilot pensiun. Semuanya lebih banyak tentang bagaimana pemasukan atau penghasilan seorang pilot, seperti dari mana saja pilot menerima uang atas jasanya hingga pilot pensiun, bagaimana pula gaji seorang pilot dibayar ketika pensiun.

Setelah lancar menjadi pilot gadungan, akhirnya mulai terendus oleh FBI. Frank Abagnale Jr mulai jadi incaran polisi. Ia pernah beberapa kali hampir tertangkap, tapi karena kecerdasan dan ketenangannya ia berhasil pula mengelabui para polisi yang mengincarnya. Merasa pergerakannya mulai sempit, akhirnya ia merubah profesinya menjadi seorang dokter. Ia beralih menjadi dokter gadungan yang sebetulnya bukanlah sebuah hal yang direncanakan. Berawal dari melihat temannya yang masuk rumah sakit sebab kecelakaan, ketika itu ia bertemu dengan seorang gadis yang menjadi perawat bernama Brenda anak seorang pengacara. Brenda punya sifat suka menceritakan bagaimana alur kerja rumah sakit. Dari hal itu ia memandang ada sebuah peluang untuk menjadi dokter gadungan. ditambah lagi pergerakannya mulai sempit jadi seorang pilot gadungan karena sudah diincar oleh Carl Hanratty. 

Frank Abagnale pesiun jadi seorang pilot gadungan. Sekarang ia resmi menjadi seorang dokter. Ketika ia menjadi pilot namanya adalah Frank Taylor, dan ketika jadi seorang dokter namanya adalah Frank Conners. Sebagai seorang Frank Conners ia mempunyai prestasi yang luar biasa dan melamar ke sebuah rumah sakit, dibuktikan dengan piagam penghargaan sebagai lulusan terbaik. Tapi piagam tersebut palsu. Inilah keahlian sebenarnya yang dimiliki oleh Frank Abagnale Jr, memalsukan cek dan dokumen. Ia membuat sendiri sebagai karya seni. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan