Mohon tunggu...
Adinda Tri Zanti
Adinda Tri Zanti Mohon Tunggu... Freelancer - Literat Muda

Indonesia Languange Education'19 Tenaga Pendidik Profesional wanna be

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Pentingnya Bahasa Ibu

16 Desember 2019   11:10 Diperbarui: 16 Desember 2019   11:17 276 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Oleh Ummi Kultsum, Tressyalina

Bahasa ibu adalah bahasa pertama yang kita pelajari sewaktu kecil yang diperoleh dari anggota keluarga dan dari lingkungan sekita kita. Bahasa ibu merupakan bahasa yang kita gunakan sehari -- hari berdasarkan wilayah atau daerah di mana kita tinggal atau lebih dikenal dengan bahasa daerah. Bahasa ibu merupakan suatu identitas diri mengenai dari mana kita berasal.

Namun seiring berjalannya waktu, kehadiran bahasa -- bahasa baru atau biasa dikenal dengan bahasa gaul dan keberadaan bahasa asing atau bahasa luar mengharuskan seseorang untuk mempelajari dan menguasai bahasa tersebut.

Hal ini tentu membuat bahasa ibu menjadi terlupakan. Padahal bahasa ibu sangat penting untuk diajarkan kepada anak agar si anak dapat bergaul dengan lingkungan keluarganya ataupun orang -- orang terdekatnya yang cenderung menggunakan bahasa ibu.

Dewasa ini, banyak anak -- anak yang kurang menguasai bahkan tidak bisa sama sekali mnggunakan bahasa ibu. Hal ini terjadi karena si anak memang sudah diajarkan berbahasa Indonesia yang baik dan benar oleh orang tuanya sejak kecil sehingga membuat anak lupa karena terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupannya sehari -- hari.

Misalnya saja, seorang anak  yang diajarkan bahasa Indonesia yang baik dan benar oleh ayah ibunya bahkan membiasakannya dalam berinteraksi dengan orang tua dan lingkungan sekitarnya tentu akan membuat si anak kesulitan berkomunikasi dengan kakek neneknya dan juga orang -- orang sekitarnya yang menguasai bahasa ibu.

Karena, tidak semua orang atau warga masyarakat terlebih yang berusia lanjut, bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar akibat terlalu lama tinggal di daerah yang mayoritas menggunakan bahasa ibu. Selain itu, bahasa ibu bagian dari kearifan lokal yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Hal ini lah yang membuat mengajarkan bahasa ibu tak kalah penting dari mengajarkan bahasa asing kepada anak.

Pentingnya bahasa ibu atau bahasa daerah diterapkan kepada anak -- anak agar bahasa daerah tidak punah. Sebagai generasi selanjutnya perluya upaya dalam memelihara bahasa ibu atau bahasa daerah. Upaya pemeliharaan bahasa daerah perlu terus ditingkatkan untuk melestarikan warisan budaya dan memperkukuh jati diri masyarakat pengguna bahasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan