Mohon tunggu...
Adinda Sari Cumlauda
Adinda Sari Cumlauda Mohon Tunggu... Dinda

Time, Patience, and Perseverance will accomplish all things

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Militansi dalam Berorganisasi

7 Maret 2021   06:50 Diperbarui: 13 Maret 2021   22:17 31 2 0 Mohon Tunggu...

Militansi menurut KBBI adalah ketangguhan dalam berjuang (menghadapi, kesulitan, berperang, dan sebagainya): kaum wanita harus mempunyai -- dalam berjuang membangun masyarakat.

Kata militansi berasal dari kata militan. Menurut KBBI Militan adalah bersemangat tinggi; penuh gairah; berhaluan keras: untuk membina suatu organisasi diperlukan orang-orang yang -- dan penuh pengabdian.

Jadi militansi adalah ketika kita bersungguh-sungguh dan mengeluarkan segala tenaga, pemikiran, materi yang kita punya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Terdapat banyak bentuk militansi dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh jelas dalam bidang militer, kenapa tentara disebut sebagai militer?
Karena mereka memliki karakter militansi, mereka siap berjuang dan berperang menghadapi ancaman yang dapat mengancam keutuhan negara kita NKRI. Bentuk militansi lainnya dapat ditemukan di dalam organisasi, dalam berorganisasi diperlukan militansi sehingga kita dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi.

Bentuk militansi dalam organisasi misalnya kita tergabung dalam suatu organisasi baik itu di sekolah, kampus dan sebagainya. Kita harus memiliki sikap militansi artinya diperlukan semangat yang tinggi dalam berorganisasi. 

Contoh suatu hari suatu organisasi akan melaksanakan sebuah event misalnya masa pengenalan kampus (ospek) maka kita perlu militansi, rela mengeluarkan dan mengorbankan apa yang kita punya untuk tercapainya event tersebut. Mengorbankan disini yaitu dalam hal mengorbankan waktu, pikiran dan tenaga bahkan uang. Misal saat event berlangsung kita pergi pagi-pagi sekali dan pulang malam, kita yang biasanya pergi hangout bareng teman-teman jadi tidak bisa karena kegiatan dalam organisasi. Pengorbanan seperti ini yang disebut militansi dalam berorganisai.

VIDEO PILIHAN