Mohon tunggu...
adinda salsa billa
adinda salsa billa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi ilmu komunikasi UMM

assalamualaikum

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

PMM UMM Kelompok 58 Telah Usai Melaksanakan Seluruh Rangkaian Kegiatan PMM di Pondok Pesantren Roudlotur Ridlwan

29 September 2022   23:46 Diperbarui: 29 September 2022   23:49 72 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program pengabdian kepada masyarakat (PMM) oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 58 gelombang 06 yang dibimbing langsung oleh Agustin Dwi Haryanti, SE.,MM.,Ak. Telah melangsungkan kegiatannya selama 1 bulan penuh di dalam lingkup Pondok Pesantren Roudlotur Ridlwan yang beralamat di Jl. Mojowarno No. 89 Kec. Junrejo, Kota Batu , Jawa Timur. Dan telah melakukan acara penutupan pada (16/9).

Sementara itu, kelompok 58 telah melangsungkan seluruh kegiatan dari program yang telah dirancang sebelumnya yakni pemberian materi mengenai edukasi dan sosialisasi yang membahas Kesehatan Mental dan Self Development serta kegiatan Fun Game untuk menghibur anak-anak santri di pondok pesantren tersebut. Kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar disambut dengan penuh antusias oleh anak santri yang berjumlah kurang lebih 50 orang.

Lebih lanjut, kelompok 58 merancang program kerja pengabdian selama 1 bulan penuh di pondok pesantren Roudlotur Ridlwan ini sesuai dengan kondisi dan permintaan dari pengurus pondok, hal tersebut dilakukan agar sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan yang dilakukan bermanfaat dan berlangsung dengan lancar. 

Bentuk-bentuk dari kegiatannya beragam dari pemberian materi mengenai Kesehatan mental, Self Development, Menonton film, Fun Game, Open Donasi dan Kegiatan Bersih-bersih pondok. Semua kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan dibantu oleh pengurus serta para santri yang bermukim di sana. Tak hanya itu saja, para santri ini sangat antusias karena mereka memerlukan hiburan agar tidak jenuh dan membantu mereka untuk belajar hal baru yang belum mereka dapatkan selama di sekolah dan di pondok. 

Disamping itu, dari lancarnya seluruh kegiatan tersebut kelompok 58 bekerjasama dengan anak-anak santri untuk turut ikut serta dalam seluruh rangkaian kegiatan. Tak hanya itu saja, para pengurus pondok juga sangat antusias dengan adanya program pmm ini karena sangat membantu anak-anak untuk mengisi waktu luang setelah kegiatan sekolah. 

Andika selaku bagian dari pengurus mengatakan bahwa dengan adanya program pmm dan adanya kelompok 58 di pondok pesantren Roudlotur Ridlwan ini sangat menghibur serta membantu beberapa kegiatan dari anak-anak santri. Karena para santri disini butuh untuk hiburan agar mereka tidak merasa jenuh dan bosan. 

" Saya selaku pengurus pondok ini mengucapkan terimakasih sekali kepada kelompok PMM 58 ini, karena dengan adanya program ini para santri disini jadi ada kegiatan lain dan ini sangat menghibur mereka agar tidak jenuh dan tetap produktif." Tambahnya.

Dengan begitu, pada tanggal 16 September lalu kelompok 58 telah melakukan serangkaian kegiatan penutup dengan mengadakan acara kecil-kecilan yakni Makan bersama, Pembagian hadiah, Pemberian hasil open donasi, dan Pemberian vandel sebagai tanda kenang-kenangan kepada pondok Pesantren Roudlotur Ridlwan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan