Mohon tunggu...
Adinda Laili Ramadani
Adinda Laili Ramadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah dan Popular bagi Guru-Guru SMP di Surabaya Barat

2 Desember 2021   14:00 Diperbarui: 2 Desember 2021   14:08 78 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Peningkatan keterampilan menulis artikel atau yang biasa disebut dengan PKM yang diselenggarakan oleh Tim Pengabdian dari jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Sabtu, (4/9) di Zoom Cloud Meetings berjalan dengan sukses. PKM ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam bidang kepenulisan ilmiah dan penelitian serta meningkatkan kualitas pengajar dalam kepenulisan. Kali ini, sasaran Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Popular adalah guru-guru SMP di Surabaya Barat.

Acara pelatihan ini menghadirkan beberapa pemateri yang tentunya ahli dari bidang kepenulisan seperti Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A., Dr. Budinuryanta, M.Pd., Dr. Anas Ahmadi, M.Pd., Prima Vidya Asteria,S.Pd., M.Pd. dan Arie Yuanita, S.S., M.Si. acara ini sendiri diikuti sekitar 25 peserta yang berasal dari guru SMP di Surabaya barat.

Selaku ketua tim PKM, Arie Yuanita mengatakan bahwa PKM ini dapat terlaksana berkat Kerjasama antara Tim PKM dari jurusan Bahasa dan sastra Indonesia dengan SMP Jalinan Adisiswa Cemerlang. Ia mengungkapkan bahwa untuk menjadi guru profesional yang berkompetensi unggul, menulis menjadi salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang guru, baik tulisan ilmiah maupun popular.

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh Dwi Yuliastini, S.Pd.,M.Si. kepala sekolah SMP Jalinan Adisiswa Cemerlang, ia mengatakan bahwa tujuan dari acara ini sendiri tentunya untuk meningkatkan keterampilan menulis bagi guru SMP di Surabaya Barat, utamanya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. “Jadi kita tujuannya untuk belajar bersama-sama, agar bisa lebih baik lagi untuk membuat portofolio yang pastinya bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya.

Dalam kesempatan kali ini, Dr. Budinuryanta, M.Pd., dalam pemaparannya membahas mengenai diskusi hasil, proposisi, dan eksplanasi. Dalam hal ini, ia membahas secara mendalam terkait limitasi dan substansi, diskusi jenis dan bentuk proposisi, serta substansi eksplanasi. Sedangkan Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A., membahas mengenai penelitian ilmiah dan penulisan artikel ilmiah, Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A., menjelaskan mengenai tujuan penelitian itu sendiri. “Meneliti itu untuk memperoleh pengetahuan bukan sekedar mengumpulkan data dan pengalaman,” terangnya. Dr. Anas Ahmadi, M.Pd., menjelaskan terkait bagaimana menulis tulisan popular, sedangkan Arie Yuanita, S.S., M.Si menjelaskan mengenai Teknik penyuntingan dan Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd. mengenai Plagiasi.

Setelah pemaparan materi usai oleh para narasumber, para peserta diberikan tugas untuk membuat tulisan ilmiah maupun artikel popular. Dan di akhir acara, Arie Yuanita mengungkapkan harapannya. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua sebagai seorang pendidik, agar kita semua dapat selalu mengembangkan diri untuk menjadi guru yang lebih professional,” ungkap Arie Yuanita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan