Mohon tunggu...
Adinda CitraFortuna
Adinda CitraFortuna Mohon Tunggu... Mahasiswa UNIMED

Hidup untuk bersenang - senang tapi tetap mengikuti aturan, norma

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Pengaruh Korean Wave yang Harus Kamu Tahu

12 Januari 2021   12:39 Diperbarui: 12 Januari 2021   12:52 546 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Korean Wave yang Harus Kamu Tahu
Korean wave trending ditwitter indonesiaSumber Gambar : Dok. Tangkapan Layar Twitter/Dokpri

Korean Wave atau Hallyu adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya kebudayaan pop Korea secara global di berbagai negara di dunia. Popularitas korean wave telah merebak kebanyak negara termasuk negara kita sendiri, yaitu indonesia. Korean wave ini berdampak signifikan untuk menaikkan pamor produk – produk korea lainnya, seperti K-drama, K-Fashion, Kpop, K-Cosmetic dan masih banyak lagi.

Korean wave sendiri mulai masuk ke Indonesia sejak awal tahun 2000an. Keberadaannya cenderung diterima publik dari berbagai kalangan sehingga efek Korean Wave semakin besar dan populer, hal ini tidak bisa kita pungkiri lagi, dampaknya bisa kita rasakan langsung pada kehidupan sehari – hari termasuk pada generasi milinial. Dapat kita lihat langsung setiap hari trending – trending di twitter kini diisi oleh hal yang berbau ke Koreaan, Acara - acara televisi diisi oleh Korean Drama, banyak E –Comerce yang menjadikan Kpop atau Aktor/aktris Korea sebagai Brand Ambasadornya, Terkadang juga di mall diputar musik Kpop.

Korean wave atau budaya Kpop sendiri pasti juga punya pengaruh besar bagi masyarakat indonesia, baik pengaruh positif maupun negatif, terutama terhadap kebudayaan indonesia yang jelas sangat bertolak belakang dengan kebudayaan negeri ginseng tersebut. 

Salah satunya dalam kebudayaan berpakaian, remaja yang mengikuti fashion orang korea, menurut mereka gaya berpakaian orang korea itu keren, tetapi terkadang fashion Korea sangat menentang kebudayaan indonesia, karena terkadang gaya berpakaiannya agak terbuka.

Tetapi saya tidak akan membahas kebudayaan korea terdalu dalam, pada artikel ini saya hanya memfokuskan pembahasan tentang “Apa sih pengaruh atau dampak Korean wave bagi kehidupan remaja, terfokus pada pengaruh positif dan negatif menjadi penyuka (Fans) K-pop dan Kdrama.

Seperti yang kita ketahui Kpop dan K-drama adalah salah satu bagian dari Korean wave yang sangat populer dikalangan remaja indonesia dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. 

Banyak remaja baik perempuan maupun laki – laki yang menjadi penggemar kpop yang biasa di sebut sebagai fangirls (penggemar yang berjenis kelamin perempuan) dan fanboys (penggemar yang berjenis kelamin laki – laki). 

Fans dari Kpop atau Kdrama juga tidak mengenal usia, dari survei yang saya lakukan melalui google form, Usia rata – rata dimulai dari 12 hingga 26 tahun dengan Usia terbanyak ada di usia 18 tahun.

Rata – Rata Umur Fans Kpop dan KdaraSumber Gambar : Dokumentasi Pribadi, Kuesioner Google Form
Rata – Rata Umur Fans Kpop dan KdaraSumber Gambar : Dokumentasi Pribadi, Kuesioner Google Form

Biasanya kegiatan fangirl atau fanboys dari kpop dan k drama meliputi streaming mv idol mereka di Youtube, Streaming musik di spotify, download k drama, menonton live di instgram dan v live, menonton variety show idolnya atau sekedar mencari info terbaru dari idol mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN