Mohon tunggu...
Adinda Syarifah
Adinda Syarifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Agribisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perubahan Sosial Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

5 Desember 2021   17:13 Diperbarui: 5 Desember 2021   17:24 135 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kita sadari atau tidak masyarakat mengalami perubahan, namun tidak semua perubahan yang terjadi di masyarakat terlihat atau mencolok. Banyak perubahan kecil yang tidak kita sadari dalam kehidupan bermasyarakat. 

Dalam sosiologi konsep perubahan sosial adalah salah satu konsep yang sangat penting, karena dalam kenyataannya masyarakat selalu mengalami yang namanya perubahan baik perubahan yang disadari atau tidak disadari. 

Menurut Horton (1991) perubahan sosial adalah perubahan struktur sosial dan hubungan sosial. Hal ini dapat diartikan bahwa perubahan sosial terdiri atas perubahan distribusi kelompok usia, tingkat pendidikan, kelahiran, kadar rasa kekeluargaan, perubahan peran dan lain sebagainya.

 Kingsley Davis (1960) memberikan penjelasan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan dalam organisasi - organisasi ekonomi, politik dan lain sebagainya. Perubahan sosial dapat dilihat atau diidentifikasi dan terdapat beberepa ciri - ciri dari perubahan sosial antara lain :

  1. Masyarakat selalu mengalami perkembangan atau perubahan sosial baik secara cepat ataupun lambat.
  2. Perubahan sosial dalam suatu bidang akan mempengaruhi perubahan pada bidang yang lain.
  3. Perubahan akan sesuai dengan sistem yang diciptakan.
  4. Perubahan sosial yang terjadi dengan cepat dapat menyebabkan disorganisasi bersifat sementara.

Terdapat beberapa bentuk perubahan sosial yang dilihat dari berbagai aspek. Yang pertama perubahan sosial dilihat dari kemajuan atau kemundurannya. 

Perubahan sosial dapat dikatakan progres (kemajuan) apabila membawa kemajuan bagi masyarakat, dan dikatakan regres (kemunduran) apabila perubahan tersebut kurang menguntungkan bagi masyarakat. 

Kedua perubahan sosial dilihat dari lamanya proses perubahan adalah evolusi dan revolusi. Evolusi merupakan perubahan yang terjadi dalam waktu yang lambat. 

Revolusi merupakan perubahan yang terjadi dengan cepat. Ketiga perubahan sosial dilihat dari dampaknya adalah perubahan yang berdampak kecil dan perubahan yang berdampak besar. Keempat perubahan sosial dilihat dari kehendak masyarakat adalah perubahan yang dikehendaki dan perubahan yang tidak dikehendaki.

Perubahan sosial juga dipengaruhi beberapa faktor. Soerjono Soekanto menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor internal serta eksternal yang mempengaruhi perubahan sosial. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam masyarakat yaitu bertambah atau berkurangnya penduduk, konflik antar masyarakat, terjadi gerakan sosial (revolusi), dan penemuan baru (inovasi). Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar masyarakat antara lain, pengaruh kebudayaan masyarakat lain, peperangan dan perubahan lingkungan alam.

Perubahan sosial yang tengah terjadi disaat ini adalah perubahan sosial masyarakat yang terjadi akibat dari pandemi Covid-19. Pada bulan Desember tahun 2019 seluruh dunia diegemparkan dengan adanya virus yang berasal dari Wuhan, Cina. Pada awalnya virus disebut dengan virus corona, kemudian diubah dengan sebutan Covid-19 yang diambil dari Coronavirus Disease 2019, dan ditetapkan sebagai pandemi pada tanggal 9 Maret 2020 karena telah menyebar luas keseluruh dunia termasuk Indonesia. Pada awal masuknya Covid-19 di Indonesia banyak masyarakat yang tidak peduli akan bahayanya virus ini. Banyak kasus kematian yang terjadi di Indonesia bahkan setiap harinya hampir 1000 jiwa yang telah melayang. Bahkan indonesia menempati urutan kedua sebagai negara dengan kasus kematian terbanyak. Banyak perubahan sosial yang terjadi akibat pandemi Covid-19 ini.

Perubahan sosial yang terjadi pada pandemi Covid-19 ini sangat tidak dikehendaki oleh masyarakat. Tidak ada masyarakat yang menginginkan pandemi ini, masyarakat yang tidak siap akan pandemi ini merubah segala aspek kehidupannya. Selain itu, pandemi ini menyebabkan banyak kerugian yang menyebabkan masyarakat mengalami suatu kemunduran bukan kemajuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan