Mohon tunggu...
Adinda Nur Istirohmah
Adinda Nur Istirohmah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mendalami Karakteristik Anak SD

5 Desember 2020   16:01 Diperbarui: 5 Desember 2020   16:10 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Adinda Nur Istirohmah 

191330000420

PENDAHULUAN 

Di usia sekolah dasar, peserta didik memiliki karakteristik yang beragam. Guru harus bisa memahami dan mempelajari bagaimana karakteristik pada peserta didik masing-masing agar proses kegiatan mengajar belajar dapat berjalan dengan nyaman antara guru dengan siswa.

Sebagai perancang suatu proses pembelajaran guru harus menjadikan karakteristik peserta didik sebagai tujuan atau tolak ukur dalam menghadapi proses pembelajaran di kelas, contohnya dalam berbagai kelas guru menghadapi karakteristik peserta didik yang berbeda-beda, baik dalam hal motivasi dalam belajar, kemampuan saat belajar, pengetahuan, latar belakang dan sosial ekonomi. Hal tersebut mewajibkan guru memerlakukan beberapa kelas dengan pendekatan yang berbeda. Jadi untuk itu bagi guru harus bisa mengetahui karakteristik tiap peserta didik masing-masing untuk mencapai proses pembelajaran sesuai yang di inginkan dan bisa nyaman antara guru dengan peserta didik. 

PEMBAHASAN 

Dalam proses pembelajaran, untuk mewujudkan praktek pendidikan dan pembelajaran yang baik maka pendidik berkewajiban mengetahui serta mendalami bagaimana karakteristik pada tiap masing-masing siswanya. Ahli Psikologi menyatakan bahwa perkembangan dan pertumbuhan anak usia SD terjadi baik secara fisik maupun psikis. 

Secara Fisik Menurut Abdul Alim (2009:82) yaitu:

Suka bermain, sebagai pendidik diwajibkan untuk memberikan pembelajaran dengan model bermain. Guru harus bisa mendesain pembelajaran yang disukai oleh anak atau memberikan pembelajaran se kreatif mungkin agar pembelajaran berjalan dengan nyaman antara guru dan siswa. 

Suka Bergerak, Saat usia ini akan lebih suka bermain ketimbang hanya duduk mendengarkan materi dari guru selama berjam-jam hal itu akan membuat siswa merasa bosan dan biasanya malah mengabaikan apa yang di sampaikan oleh guru.

Suka Beraktivitas Berkelompok, Saat usia SD biasanya anak akan suka berinteraksi sosial dengan tujuan untuk menacari teman bermain. Pendidik atau guru bisa menerapkan aktivitas berpindah tempat duduk (rolling) agar siswa dapat berinteraksi sosial dengan teman sebaya dan diusahakan untuk 2 minggu sekali ganti agar semuanya dapat berinteraksi sosial satu sama lain dengan teman sebayanya di kelas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun