Mohon tunggu...
ADIN OKTA_PWK_UNEJ
ADIN OKTA_PWK_UNEJ Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA S1 PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA - UNIVERSITAS JEMBER

saya mempunyai kepribadian yang sangat disiplin

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Infrastruktur Rusak, Perekonomian Juga Rusak

14 September 2022   06:47 Diperbarui: 14 September 2022   07:07 125 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kecamatan Ambulu merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Kecamatan Ambulu itu sendiri merupakan salah satu kecamatan yang lumayan besar dan memiliki penduduk lumayan padat.

Kecamatan Ambulu itu sendiri terletak di bagian selatan Kabupaten Jember, lebih sering dikenal dengan salah satu destinasi wisatanya, yakni destinasi wisata Dira dan destinasi wisata pantai selatan. 

Walaupun Kecamatan Ambulu terkenal dengan wisatanya, namun infrastruktur transportasi di Kecamatan Ambulu, seperti jalan raya juga perlu dibenahi. Beberapa waktu yang lalu, hampir semua jalan raya di kecamatan ambulu mengalami kerusakan yang tidak jauh dari kata parah. Bahkan, jalan raya yang menuju ke beberapa destinasi wisata di Kecamatan Ambulu juga rusak parah. Dan terlihat juga beberapa destinasi di Kecamatan Ambulu mengalami sepi pengunjung.

Seperti jalan raya yang bisa mengantarkan para wisatawan menuju pantai selatan, yakni Pantai Papuma. Jalan menuju Pantai Papuma sangat tidak layak dilewati. Hampir satu jalan tersebut rusak parah. Dan pada saat jalan tersebut mengalami kerusakan parah, terlihat Pantai Papuma jarang dikunjungi oleh wisatawan. Mungkin wisatawan merasa malas dan tidak nyaman apabila melewati jalan tersebut. 

Apalagi, tiket masuk pantai papuma yang ditarik kepada wisatawan terkesan terlalu mahal. Berdasarkan survei saya kepada rekan-rekan saya, mereka juga berpikiran tiket masuk papuma yang terlalu mahal bagi masyarakat. 

Hanya untuk melihat pantai, ditarik uang tiket masuk seharga Rp. 25.000 per orang. Harga segitu termasuk mahal, mungkin hal tersebut juga yang membuat pantai papuma sering jarang pengunjung. Jadi, dapat disimpulkan bahwasanya jeleknya infrastruktur dan mahalnya tiket masuk yang membuat destinasi pantai papuma sepi peminat. 

Dengan begitu, penjual-penjual  rumah makan yang ada di dalam pantai papuma pasti juga merasa perekonomiannya semakin menurun dikarenakan sepinya wisatawan di pantai papuma. Bahkan sampai ada juga beberapa rumah makan yang tutup, mungkin pemilik sudah merasa tidak laku. Sangat memprihatinkan. 

Selanjutnya, yakni infrastruktur jalan menuju destinasi wisata Dira, Jalan Kotta Blater. Destinasi wisata Dira merupakan destinasi wisata yang sudah terkenal dan mempunyai nama di Kabupaten Jember. Letaknya yakni di sebelah timur Kecamatan Ambulu. Di bagian timur Kecamatan Ambulu, memang infrastruktur jalannya sangat amat jelek beberapa waktu yang lalu, sudah bertahun-tahun. 

Bahkan, seperti bukan jalan aspal lagi, melainkan seperti jalanan yang menuju ke daerah tidak berpenghuni. Sepanjang jalan mulai dari APILL Ambulu ke arah timur sangat amat memperhatinkan. 

Jangankan untuk pergi ke destinasi wisata, untuk bersekolah saja sangat menyulitkan para siswa untuk melewatinya. Hal tersebut sama seperti yang dihadapi para wisatawan yang menuju pantai papuma. 

Wisata Dira sempat menjadi sepi. Padahal, dahulu sebelum jalan raya menuju dira tidak sejelek ini, Dira menjadi wisata ter rame dan menjadi salah satu center wisata di Kecamatan Ambulu. Mungkin pemilik Dira dan para penjual di Dira juga merasakan akibatnya. Wisata Dira menjadi sepi dan perekonomian mereka mungkin menjadi menurun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan