Mohon tunggu...
Adim Firmansah
Adim Firmansah Mohon Tunggu... Reasearcher

Peneliti yang tertarik pada embedded system, wireless sensor network

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tim AT Research Center Berhasil Memotivasi Dosen di Bondowoso untuk Menuliskan Karya Ilmiah yang Berkualitas

29 November 2020   17:21 Diperbarui: 29 November 2020   17:21 34 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tim AT Research Center Berhasil Memotivasi Dosen di Bondowoso untuk Menuliskan Karya Ilmiah yang Berkualitas
Acara Pelatihan (Dokpri)

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban dosen yang tertuang dalam Tridharma perguruan tinggi. Dalam rangka memenuhi kewajiban tersebut, Tim AT Research Center selaku Tim pengabdian LP2M UM melakukan pengabdian di daerah Bondowoso dengan mengusung tema “Pelatihan Pengelolaan Open Journal Systems (OJS) Dan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Dosen Di Kabupaten Bondowoso”. Acara ini digelar di Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Sayyid Mohammad Alawi Al Maliki pada tanggal 28-29 November.

Narasumber yang dihadirkan adalah Dr. Ahmad Taufiq, M.Si selaku Kepala Pusat Publikasi Akademik UM dan Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si selaku Kaprodi S2 Fisika UM dan Ketua TPJAD UM. Dua narasumber tersebut berhasil menarik antusias peserta dalam acara ini. 

Pada sesi sambutan, KH. Moh. Hasan, S.H. mengungkapkan “jika dosen, guru, atau santri pada pondok pesantren ini masih sulit untuk melakukan penulisan karya ilmiah, terbukti karya ilmiah yang dikeluarkan sampai saat ini yang sudah terpublikasi hanya 10 buku di Pesantren Beliau (itu pun hanya tulisan sang Kyai)”. Oleh karena itu, pelatihan ini menjadi langkah awal untuk membakar motivasi para peserta dalam menulis karya ilmiah.

Prof. Dr. Arif Hidayat dalam sesi yang diberikan memberikan materi berupa strategi kenaikan pangkat khususnya terkait publikasinya. Disela-sela memberikan materi, Beliau juga tak lupa memberikan nasihat “jika untuk kenaikan pangkat sangat diwajibkan karya ilmiah atau paper”. 

Nasihat tersebut ternyata memicu semangat para peserta dalam mengenal sebuah karya ilmiah. “Tak hanya untuk kenaikan jabatan, penulisan karya ilmiah juga penting untuk menunjang akreditasi Lembaga" imbuhnya.

Antusiasme Peserta (Dokpri)
Antusiasme Peserta (Dokpri)

Dengan semangat yang menggebu-gebu, pada sesi terakhir peserta disuguhi materi berupa tips dan trik mengenai penulisan karya ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Ahmad Taufiq, M.Si. Terlihat sangat jelas jika peserta sangat antusias mengikuti sesi yang disampaikan oleh narasumber kedua. 

Dalam sesi ini, tips dan trik pengelolaan jurnal khususnya yang berbasis Open Journal System (OJS) juga dipaparkan. Dalam akhir sesi, Kepala Pusat Publikasi Akademik UM memberikan voucher bimbingan dan penerbitan karya ilmiah untuk peserta. 

Voucher tersebut akan diberikan jika berhasil menulis draft artikel ilmiah dalam 2 minggu, terhitung sejak diadakannya acara tersebut. Hal tersebut merupakan bentuk picuan semangat yang diberikan agar para peserta termotivasi untuk menuliskan hasil-hasil penelitian mereka.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x