Adi marianto
Adi marianto

Mahasiswa Pendidikan Musik 2016 (sendratasik), FBS, UNP

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Ulasan Tentang Beberapa Lagu The Doors

17 Maret 2019   22:01 Diperbarui: 17 Maret 2019   23:02 36 1 0
Ulasan Tentang Beberapa Lagu The Doors
sumber: loundersound.com

The doors adalah salah satu band rock yang berasal dari Amerika Serikat yang terbentuk pada tahun 1965 di kota los Angeles, California, dengan personil berjumlah 4 orang. Yang beranggotakan Jim morrison sebagai vokalis, ray manzarek sebagai keyboardis, John densmore sebagai drumer, Robby krieger sebagai gitaris. Nama band The doors sendiri diambil dari judul buku The doors of perception karya aldous huxley.

Ulasan tentang beberapa lagu The doors :

1.  When The music'S over

Lagu ini menyampaikan tentang musik adalah sebagai keistimewaan dalam sebuah kehidupan, jika memaknai setiap bait dari lirik lagu ini, pesan yang tersampaikan adalah "jika sebuah lagu selesai maka kehidupan pun berakhir".

2. light my fire

Lagu ini merupakan lagu yang terkenal di album ini, ada kasus perseteruan dengan perusahaan mobol mewah yang meminta lagu ini jadi backsound di iklan komersial, 3 personil The doors menyetujui tawaran itu. Pada saat itu Jim morrison sedang pergi keluar kota, saat Jim kembali ke kota dan melihat salah satu lagu dari The doors di pakai pada sebuah iklan tanpa sepengetahuan Jim, akhirnya jim morrison marah dan kontrak tersebut dibatalkan.

3. The end

Lagu ini penuh dengan petikan gitar ala timur tengah. Disini Jim morrison bercerita tentang seorang raja Oedipus yang menyukai  ibu kandungnya sendiri. Sampai tega membunuh ayahnya sendiri, oleh karena itu ada kelainan yang dinamakan Oedipus komplex. Lagu ini merupakan lagu terakhir yang di dengar oleh Jim morrison sebelum Vokalis The doors ini ditemukan tewas di sebuah apartemen di Perancis.

The doors mampu menjadi salah satu pelopor aliran musik psychedelic rock di dukung gaya panggung dan gaya musiknya. Dimana suara bass di mainkan menggunakan instrument keyboard sehingga pola pada bass dari band The doors memiliki ciri khas tersendiri. Ini merupakan sebuah inovasi baru yang dilakukan dalam bermusik pada masa itu.

Pada tahun 1973 The doors bubar setelah kematian Jim morrison yang sedikit kontroversi, meskipun karier aktif dari The doors berakhir pada tahun 1973. Ada 3 album The doors yang berjudul the doors (1967), strange day (1976), dan L.A women (1971). 3 album ini masuk dalam 500 album terbaik sepanjang masa menurut majalah rolling stones.