Mohon tunggu...
Adima Aulia
Adima Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa Universita Ciputra Surabaya

Mahasiswa ilmu komunikasi yang tertarik dengan dunia jurnalistik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Hati-Hati Kamu Sedang Menjadi Target Hacker, Hindari 5 Hal Berikut Ini!

11 Januari 2021   11:21 Diperbarui: 11 Januari 2021   11:57 1493 17 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hati-Hati Kamu Sedang Menjadi Target Hacker, Hindari 5 Hal Berikut Ini!
Sumber Gambar: reddit.com

Di era digital seperti saat ini banyak sekali bentuk kejahatan  jenis baru yang beredar salah satunya yaitu cyber crime. Akhir-akhir ini yang sedang marak menjadi perbincangan adalah berbagai kasus pencurian data. Mengingat beberapa fakta terkuak  bahwa hacker Indonesia termasuk yang memiliki skill yang menakutkan dan berbahaya di dunia.

Menurut Rudi Lumanto selaku Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII)   Indonesia menjadi peringkat pertama dnegan jumlah hacker terbanyak di dunia.

Lalu ada apa dengan pencurian data pribadi? Seperti yang kita ketahui para hacker ini memiliki kemampuan untuk meretas beberapa situs melalui jaringan internet. Hal ter sebut yang mampu membawa keuntungan bagi mereka secara materil. 

Banyak masyarakat Indonesia sendiri yang menjadi korban hacker usil ini. Namun sangat disayangkan sebagian masyarakat Indonesia tidak menyadari bahwa data pribadi mereka telah dicuri. Banyak cara untuk meminimalisisr terjadinya pencurian data pribadi. Dan ini lah 5 hal yang kita anggap bukan sebagai masalah besar namun merupakan penyebab terjadinya data hack.

1. Connect wifi publik sembarangan

Siapa sih di antara kita yang ga suka kalo ada wifi gratis. Selain bisa menghemat paket data jaringan wifi yang cepat dan kuat membuat proses download juga terasa cepat disbanding dengan menggunakan paket data yang kita miliki. 

Namun hati-hati ternyata dengan kita sembarangan konek wifi gratis si hack usil bisa aja dengan sengaja membuka koneksi internet gratis yang  diganti dengan nama tempat atau jaringan internet yang legal.Cara aman yang dapat kita lakukan saat akan mengoneksikan perangkat dengan wifi public yaitu dengan :

Tidak koneksikan jaringan internet dengan wifi secara otomatis sebab hal itu membuat kita terkoneksi dengan internet sembarangan .

Perhatikan nama jaringan wifi . Hal yang paling mudah untuk di cermati adalah nama jaringan wifi yang Nampak . jika terdapat 2 jaringan atau lebih nama wifi yang mirip, mending ga usah konek sebab kita tidak tau dari jaringan tersebut mana yang legal.

Selalu pilih "forget Network" tiap kali selesai menggunakan wifi public. Hal ini yang kerap kali kita lupakan bahkan ada yang befikiran agar ngga perlu konek lagi jika dating lagi ke tempat tersebut . Teryata jika tidak memutus sambungan wifi public  setelah memakai itu sangat memudahkan si hacker untuk mengambil data yang kita simpan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x