Mohon tunggu...
adil saragih
adil saragih Mohon Tunggu... Bersama Rakyat

Cegah Awasi Tindak

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara

Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 di Simalungun di Bawah Target

20 Mei 2019   16:13 Diperbarui: 20 Mei 2019   16:34 0 0 0 Mohon Tunggu...

Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (pemilu) serentak 17 Aril  2019 di Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD dan DPRD Provinsi masih di bawah target nasional sebesar 77, 5 persen.  Untuk pemilu Presiden dan Wakil Presiden, KPU Simalungun mencatat partisipasi pemilih yang datang ke TPS menggunakan hak pilihnya sebesar 75,55 persen, kemudian untuk pemilu DPD 75,49 persen,  Pemilu DPR RI 75,42 dan Pemilu DPRD Provinsi 75,4 persen.  Partisipasi pemilih pemilu Presiden dan Wakil Presiden adalaha tertinggi dan selanjutnya Pemilu DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi.

Pemilu DPRD Kabupaten Simalungun, beberapa daerah pemilihan (dapil) dapat melebihi angka target partisipasi pemilih dalam rencana nasional 77,5 persen yaitu dapil 2 sebesar 79,12 persen yang terdiri dari Kecamatan Siantar, Gunung Maligas, Dolok Batu Nanggar dan Tapian Dolok  dan ini menjadi persentase tertinggi seluruh dapil di Simalungun.  Berikutnya adalah Dapil 1  sebesar 77,57 persen yang terdiri dari  kecamatan Raya kahean, Purba, Haranggaol Horisan, Silimakuta, Dolok Silau, Silau Kahean, Raya, Pamatang Silimakuta, Dolok Masagal  serta dapil 6 sebesar 77,55 persen yaitu kecamatan Panei, Panombean Panei, Jorlang Hataran, Sidamanik, Pematang Sidamanik, Dolok Panribuan, Girsang Sipangan Bolon, Dolok Pardamean. 

Sedangkan Pemilu DPRD Kabupaten Simalungun  partisipasi pemilih di bawah target rencana nasional yaitu Dapil 5 sebesar 75,2 persen terdiri dari kecamatan Tanah Jawa, hatonduhan, Huta bayu Raja, Jawa Maraja Bah Jambi.   Partisipasi pemilih Dapil 3 sebesar 74,57 persen yaitu kecamatan Gunung Malela, Pematang Bandar, Bandar Huluan, dan Bandar Marsilam.   Partisipasi pemilih yang paling rendah Dapil 4 hanya 67,82 persen meliputi kecamatan Bosar Maligas, Bandar dan Ujung Padang.

Meskipun target tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu serentak tahun 2019 di Kabupaten Simalungun tidak mencapai target rencana nasional sebesar 77,5 persen.  Namum tingkat partisipasi di Kabupaten Simalungun pada Pemilu 2019 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Pemilihan Kepala Daerah sebelumnya yaitu Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simalungun tahun 2016 partisipasi pemilih 53,39 persen dan partisipasi pemilih Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 sebesar 61,15 persen.

Adapun beberapa faktor yang dianggap menunjang partisipasi pemilih diantaranya :

1.  Data pemilih yang semakin valid, pemilih Tidak Memenuhi Syarat  (pemilih ganda, meninggal dunia, pindah domisili dan tidak dikenal)  yang                terdapat dalam DPT semakin berkurang.

2.  Peran Aktif penyelenggara Pemilu (KPU Simalungun dan Bawaslu Simalungun, Pemerintah Kabupaten Simalungun dan stakhorder lainnya dalam  melakukan sosialisasi pentingnya Pemilu 2019.  Ini menandakan adanya tanggung jawab seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan Pemilu 2019.

3.  Antusias masyarakat yang tinggi dalam menymbut Pemilu serentah tahun 2019.

Diharapkan partisipasi Pemilih yang datang ke TPS Pemilu serentak tahun 2019 ini dapat menjadi modal awal untuk Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simalungun Tahun 2020, Semoga kesadaran masyarakat menyalurkan hak pilihnya semakin meningkat lagi.  

KONTEN MENARIK LAINNYA
x