Mohon tunggu...
Adilah Khairunnisa
Adilah Khairunnisa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Suka Musik

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Ayo Berjemur! Ini Beberapa Manfaat Matahari bagi Manusia

23 September 2022   10:11 Diperbarui: 23 September 2022   10:15 91 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sinar matahari matahari mengandung berbagai macam vitamin yang bisa membentuk daya tahan tubuh. Selain itu, berjemur matahari saat pagi hari dianggap sebagai cara paling simpel yang bisa dilakukan siapa pun kapan pun dan di mana pun,khususnya kita masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis dan berlimpah sinar mataharinya.

Berjemur dapat meningkatkan vitamin D dalam tubuh sehingga fungsi otot dan saraf menjadi lebih terjaga. Sistem imun pun terbentuk dengan vitamin tersebut sehingga kita bisa lebih kuat melawan infeksi yang mungkin ditimbulkan bakteri dan virus.

Apakah kalian tahu kapan dan berapa lama waktu berjemur yang aman?
Sebaiknya berjemur di bawah sinar matahari dilakukan mulai matahari terbit hingga jam 09.00 pagi, selama 10-15 menit, tiga kali dalam seminggu.

Ini dia beberapa Manfaat jika kalian sering Berjemur di Pagi Hari :

1. Meningkatkan Produksi Vitamin D, Manfaat berjemur di pagi hari yang pertama sudah pasti untuk memproduksi vitamin D secara alami dalam tubuh.
2. Bisa mengurangi depresi, Jika kita sering berjemur di pagi hari resiko depresi dalam diri kita akan menurun. Hal ini terjadi karena cahaya matahari menstimulus otak untuk menghasilkan hormon serontonin yang
3. Meningkatkan Imun Tubuh, Dengan berjemur kita mendapatkan vitamin D dan vitamin D tersebut berguna untuk mengaktifkan fungsi imun tubuh
4. Meningkatkkan kualitas tidur, Kebiasaan berjemur di pagi hari dapat mengatur aktivitas biologis dalam tubuh kita
5. Menguatkan Tulang , ada dua kunci dalam tulang yang kuat yaitu kalsium dan vitamin D.Dalam berjemur kita akan mendapatkan vitamin D yang baik.

Nah itu dia beberapa manfaat sinar matahari bagi tubuh kita. Ada hal penting lain juga yang perlu kita ketahui yaitu waktu berjemur. Waktu berjemur yang baik jam berapa memang masih beragam di kalangan para ahli kesehatan. Ada yang berpendapat bahwa waktu berjemur di bawah sinar matahari yang baik adalah saat pagi hari karena dapat terhindar dari risiko kanker kulit. Namun, ada pendapat lain yang mengemukakan bahwa waktu berjemur juga bagus di siang hari

Tips berjemur di bawah sinar matahari yang aman dan nyaman :

Setelah mengetahui waktu berjemur yang baik jam berapa, Anda perlu melakukan beberapa tips berjemur di bawah sinar matahari yang nyaman dan aman berikut ini manfaatnya :

-Gunakan lotion kulit pelindung sinar matahari yang mengandung minimal SPF 30 atau di atasnya pada permukaan kulit wajah (hindari area mata) dan seluruh tubuh.

-Oleskan tabir surya dengan SPF sekitar 15 menit sebelum berjemur di bawah sinar matahari. Hal ini dilakukan agar kulit dapat menyerap lotion terlebih dahulu, sehingga dapat bekerja secara efektif.

-Cara berjemur yang baik adalah dengan membuat sinar matahari menyinari tubuh secara langsung, bukan yang hanya sekadar membuat tubuh mengeluarkan keringat. Jadi, upayakan kulit Anda mendapat sinar matahari secara langsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan