Mohon tunggu...
Adil Amrullah Firdaus
Adil Amrullah Firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa - optimis aja

Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Digital

Penjelasan Singkat tentang Revolusi Industri

17 Oktober 2021   22:13 Diperbarui: 17 Oktober 2021   22:37 123 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Apa yang anda ketahui tentang Revolusi Industri?,Revolusi Industri adalah zaman dimana semua pekerjaan  telah tergantikan oleh mesin mesin canggih yang bekerja secara cepat dan efisien, awal mula revolusi industry terjadi antara tahun 1760-1850,masa dimana di temukanya mesin uap serta terjadinya perubaha besar di bebagai bidang seperti: pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai revolusi industry mulai dari 1.0 sampai era society 5.0:

Industry 1.0

Di mana peristiwa ini terjadi antara tahun 1760-1850 pada saat pertama kalinya ditemukanya mesin bertenaga uap,sehingga menjadi awal mulanya revolusi industry yang menguunakan mesin bertenaga uap untuk mempermudah pengiriman barang dan masalah  produksi yang lambat.

Industry 2.0

Setelah terjadinya revolusi industry 1.0,maka munculah revolusi industry 2.0,era ini terjadi pada abad ke-19 pada saat pertama kali di temukanya tenaga listrik oleh dua orang ilmuan yang hidup di eranya yakni Nikola Tesla dan Thomas Alva Edison.sehingga tenaga otot yang sudah di gantikan oleh mesin uap kini di gantikan lagi oleh mesin tenaga listrik.di saat revolusi industi 1.0 yang focus pada efisiensi mesin maka di revolusi industry 2.0 berfokus pada proses produksi,sehingga terciptanya Lini Produksi (Assembly Line) yang memanfaatkan conveyor beltsystem atau  “ban berjalan” pada 1913.

 Industry 3.0

Revolusi Industri 3.0 bermula pada tahun 70-an,di mana era ini disebut juga sebagai era teknologi.di sebut era teknologi karena penggunaan komputer telah menggantikan sebagian yang di kerjakan oleh tenaga kerja manusia,seperti menghitung formula yang rumit,mengirim dokumen,dan mencatat keuangan.era ini menjadi era yang paling penting karena proses produksi menjadi lebih cepat,dan kualitas barang yang bagus.

Industry 4.0

Setelah revolusi indutri 3.0 yang menggunakan komputer dan mesin otomatis,maka lanjutlah ke evolusi industry 4.0 dimana era tersebut memanfaatkan internet.SDM(sumber daya manusia) yang tidak mengerti dengan internet atau literasi digital pasti lambat laun akan digantikan dengan orang yang ahli di bidang digitalisasi. karena,internet merubah sektor industri menjadi lebih efisien dalam mengikuti peradaban.

Society 5.0

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan