Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

2021 adalah Tahun "Keemasan" Bitcoin Cs?

1 Maret 2021   07:00 Diperbarui: 2 Maret 2021   08:02 1468
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency. (PEXELS/WORLDSPECTRUM via KOMPAS.COM)

Walaupun sudah beberapa tahun meninggalkan pasar cryptocurrency, namun pasar tersebut ternyata masih "membayangi" hidup saya sampai sekarang. Buktinya, beberapa waktu yang lalu, obrolan dengan seorang teman memantik kembali kenangan tentang trading cryptocurrency yang sempat saya lakoni pada tahun 2017 silam. 

Obrolan tadi sebetulnya terjadi tanpa disengaja. Tiba-tiba saja, seorang teman menyapa saya via chat WhatsApp. Setelah sedikit berbasa-basi, ia kemudian bertanya kepada saya apakah saya masih "bermain" di pasar cryptocurrency. Saya jawab sudah tidak lagi berinvestasi di sana. Sebab, sekarang dana yang saya miliki mayoritas ditanamkan di pasar saham. 

"O, gitu ya, gue baru masuk ke pasar crypto soalnya. Gue pikir lu ada main di crypto juga. Emang sih ini gue baru main tiga hari. Gue lihat di sini naiknya by issue aja. Kayak kemarin Elon Musk ada invest di Dogecoin. Naiknya langsung gila-gilaan, tapi kemudian drop gak lebih dari setengah hari," katanya lagi.

Saya kemudian menerangkan bahwa begitulah yang terjadi di pasar cryptocurrency. Pergerakan harganya cenderung dipengaruhi oleh sentimen semata, sehingga lumayan sulit memperkirakan tren harganya dari waktu ke waktu. 

Makanya, kepada teman tadi, saya hanya memberi saran supaya berhati-hati, sebab setahu saya, pasar cryptocurrency sangat volatil, liar, dan kejam. Apabila lengah sedikit saja atau masuk pada waktu yang salah, maka ia bisa menanggung kerugian yang besar.

Obrolan tadi kemudian masih berlanjut ke topik lain, seperti broker yang dipilih, trend dalam jangka panjang, dan seterusnya. Namun, saya tidak akan membahasnya lebih lanjut di blog ini, sebab penjelasannya lumayan panjang dan agak teknis. Alhasil, dibutuhkan artikel tersendiri untuk memaparkannya. 

Meski begitu, obrolan tersebut sudah cukup menguak sebuah pertanyaan yang cukup krusial: 

"Apakah betul 2021 adalah tahun kebangkitan cryptocurrency, seperti Bitcoin, Dogecoin, dan sebangsanya?" 

Pertanyaan tersebut lumayan sulit dijawab karena setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda tentang cryptocurrency. 

Sebut saja Warren Buffett. Buffett adalah investor saham yang sangat terkenal dan cukup berpengaruh. Disebut demikian karena kata-kata Buffett lumayan sering dikutip dan dijadikan pedoman bagi banyak investor lainnya. Makanya, jangan heran, pandangan Buffett tentang sesuatu banyak didengarkan dan dipertimbangkan, sebelum seseorang membuat sebuah keputusan investasi. 

Warren Buffett/ sumber: https://www.cnbc.com
Warren Buffett/ sumber: https://www.cnbc.com
Nah, terkait dengan cryptocurrency, Buffett sempat memberikan pandangan bahwa cryptocurrency pada dasarnya tidak mempunyai nilai apapun dan tidak menghasilkan produk apapun. Makanya, jangan heran kalau Buffett berkata tidak pernah dan tidak akan pernah berinvestasi di pasar cryptocurrency.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun