Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

PDB Terus Naik, tapi IHSG Kok Malah Ambyar?

13 Februari 2020   09:01 Diperbarui: 13 Februari 2020   09:02 53 1 0 Mohon Tunggu...
PDB Terus Naik, tapi IHSG Kok Malah Ambyar?
Growth Domestic Bruto (sumber: https://previews.123rf.com)

Belum lama ini, saya menemukan sebuah fakta yang cukup menarik bahwa pada tahun 2018, pertumbuhan Growth Domestic Bruto (GDB) Indonesia telah menembus angka 1 triliun USD.

Jika dibandingkan dengan satu dekade sebelumnya, pertumbuhan tadi boleh disebut cukup pesat. Sebab, pada tahun 2008, GDB Indonesia masih berada di kisaran 500 miliar USD. Hanya dalam waktu yang relatif "singkat", nilainya ternyata bisa naik double digit!

GDB Indonesia (sumber: dokpri)
GDB Indonesia (sumber: dokpri)
Hal ini tentu menjadi sebuah indikator yang positif dalam menilai tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sebab, semakin pesat pertumbuhan GDB sebuah negara, berarti semakin makmur rakyatnya.

Hal ini bisa dimaklumi karena GDB dihitung dengan menjumlah semua produk dan jasa yang dihasilkan sebuah negara dalam waktu satu tahun.

Kalau dibandingkan dengan negara lain, pertumbuhan GDB Indonesia sebetulnya masih kalah jauh. Ambil contoh pertumbuhan GDB Amerika Serikat (AS). Pada tahun 2018, GDB AS telah mencapai angka 20,5 triliun USD. Jumlah ini 20 x lipat-nya GDB Indonesia.

GDB Amerika Serikat (sumber: dokpri)
GDB Amerika Serikat (sumber: dokpri)
Untuk mencapai pertumbuhan sebesar itu, AS tentu telah melalui banyak sekali peristiwa. Ada perjalanan panjang yang mesti ditempuh hingga AS berada di posisi sekarang.

Meski begitu, jika merunut catatan sejarah, kondisi ekonomi AS pada masa lalu sebetulnya mirip dengan kondisi ekonomi Indonesia pada masa kini.

AS berhasil mencapai GDB 1 triliun USD pada tahun 1969, sementara Indonesia baru meraih angka yang sama pada tahun 2017.

Pencapaiannya sama, hanya yang beda adalah soal tahun. AS memperoleh "prestasi" tersebut lebih cepat 48 tahun daripada Indonesia!

Walaupun pertumbuhan GDB Indonesia masih tertinggal, bukan berarti tidak akan ada perkembangan pada masa depan. Saya pribadi justru memandang bahwa perekonomian Indonesia akan terus bertumbuh pada tahun-tahun berikutnya.

Alasannya? Pertama, karena jumlah penduduk Indonesia akan terus bertambah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN