Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Hobi Kliping Bisa Bikin Untung Miliaran Rupiah?

24 Agustus 2019   09:28 Diperbarui: 24 Agustus 2019   09:51 177 6 4 Mohon Tunggu...
Hobi Kliping Bisa Bikin Untung Miliaran Rupiah?
Lo Kheng Hong berbagi tip investasi saham di acara Capital Market Summit Expo (sumber: dokumentasi Adica)

Setelah hanya menonton di youtube dan membaca di sejumlah artikel, akhirnya saya berkesempatan menyimak pemaparan langsung dari Lo Kheng Hong. Investor saham yang "beken" dipanggil LKH itu hadir dalam acara Capital Market Summit Expo 2019 untuk berbagi pengalaman dan wawasan tentang dunia saham.

Kehadiran LKH di acara tersebut ternyata menjadi "magnet" bagi banyak orang. Buktinya, deretan kursi yang tersedia terisi penuh. Mayoritas hadirin yang menyaksikan acara tersebut berasal dari berbagai kalangan. Di antaranya mahasiswa, karyawan, pengusaha, hingga ibu rumah tangga. Semua ingin mendengar pandangan LKH dalam berinvestasi saham.

Para pengunjung acara Capital Market Summit Expo 2019 (sumber: dokumentasi Adica)
Para pengunjung acara Capital Market Summit Expo 2019 (sumber: dokumentasi Adica)
Para pengunjung acara Capital Market Summit Expo 2019 (sumber: dokumentasi Adica)
Para pengunjung acara Capital Market Summit Expo 2019 (sumber: dokumentasi Adica)
Hal itu tentu wajar terjadi. Sebab, LKH sudah berkecimpung di dunia saham sejak tahun 1989. Selama 30 tahun ia telah merasakan "pahit-manis"-nya berinvestasi saham.

Dari sejumlah artikel yang bertebaran di internet, LKH diketahui pernah rugi besar saat terjadi krisis ekonomi pada tahun 1998. Pada waktu itu, hartanya yang mayoritas berwujud saham tergerus hingga tersisa 15% saja!

Namun, krisis tadi tidak membuat LKH kapok berinvestasi saham. Alih-alih "cabut" dari pasar modal, dengan uang yang tersisa, ia membeli saham PT United Tractor Tbk (UNTR) di harga Rp 250/lembar.

Enam tahun kemudian LKH menjual semua sahamnya dan memperoleh keuntungan ratusan persen! Pengalaman itulah yang kemudian mengubah arah hidupnya.

Materi yang disampaikan LKH di acara tersebut hampir sama dengan materi yang pernah disampaikannya di berbagi kesempatan. Poin-poinnya sudah jelas.

Meskipun begitu, tetap saja ada "pernak-pernik" yang menarik dari pemaparan LKH. Di antaranya ialah kebiasaan LKH mengkliping artikel-artikel seputar investasi saham di sebuah folder besar.

LKH mengaku senang membuat kliping. Apabila ada artikel bagus yang terdapat di koran yang dibacanya, ia akan mengguntingnya, menempelnya, dan menyimpannya di folder.

Hobi itu memang terkesan "kuno". Betapa tidak, sekarang sudah ada internet. Kalau terdapat informasi yang penting, kita bisa menyimpan link-nya di bookmark yang tersedia di peramban (browser). Hal ini jelas lebih praktis, lantaran kita tak perlu lagi menyiapkan folder yang besar, tak usah repot-repot memotong artikel, dan tak perlu mengotori tangan dengan lem.

Meskipun begitu, hobi yang sudah ditekuni LKH sejak lama tersebut ternyata bernilai miliyaran rupiah. Sebab, dari situlah, ia bisa mendeteksi saham pemenangnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x