Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Andaikan di Kompasiana Ada "Komunitas Investor"

1 Juli 2019   09:01 Diperbarui: 1 Juli 2019   09:31 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Acara Kopdar Investor Saham Pemula (sumber: dokumentasi Adica)

Saat orang-orang menghabiskan waktu luangnya dengan berbelanja ke mall atau pergi berwisata, saya justru memakai waktu luang tadi untuk belajar investasi saham. Pada Hari Sabtu kemarin (29/06/2019) misalnya saya menghadiri acara kopi darat (kopdar) yang diselenggarakan oleh Investor Saham Pemula (ISP).

ISP adalah sebuah komunitas yang mewadahi para investor yang masih "hijau" alias "newbie" dalam bidang investasi, terutama saham dan reksadana. Komunitas ini menjadi tempat berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar investasi sehingga para pesertanya bisa belajar banyak hal. Seiring berjalannya waktu, komunitas ini kemudian berkembang pesat. Sampai sekarang, komunitas ini sudah tersebar di 40 kota di 22 Provinsi seluruh Indonesia.

Saya tertarik mengikuti acara kopdar ISP karena saya merasa masih perlu menimba ilmu dari orang lain. Lewat acara tadi, saya ingin menambah wawasan seputar "jurus" berinvestasi saham. Maklum, kalau punya banyak "jurus", bukankah saya akan lebih tahu langkah-langkah yang tepat, yang mesti diambil manakala portofolio saya sedang dihantam krisis?

Selain itu, dengan mengikuti acara tadi, saya juga bisa mendengar pengalaman investasi orang lain. Saya dapat belajar dari pengalaman tadi, sehingga saya tidak membikin kesalahan yang sama, yang pernah dibuat orang lain sebelumnya. Bukankah guru yang terbaik adalah pengalaman? Jadi, dengan menyimak cerita investasi orang lain, saya bisa berguru banyak hal.

Acara kopdar tadi diadakan di Bear X Bull Cafe yang terletak di kawasan Cawang. Bagi saya, cafe ini cukup unik. Pasalnya, tiap elemannya merepresentasikan bursa saham. Makanya, jangan heran, di dalamnya kita akan menemukan sejumlah ornamen yang mencerminkan dunia saham, seperti chart pergerakan harga, logo IDX, dan buku-buku investasi.

Awalnya saya kira acara tadi akan sepi peminat. Namun, sepertinya saya mesti "merevisi" pikiran saya. Sebab, peserta yang hadir lumayan banyak, sekitar 30-an. Kursi-kursi yang tadinya kosong terisi penuh. Bahkan, pihak cafe sampai menyediakan kursi tambahkan untuk para peserta yang belum mendapat tempat duduk.

Para Peserta Kopdar yang Mayoritas Masih Berusia Muda (sumber: dokumentasi Adica)
Para Peserta Kopdar yang Mayoritas Masih Berusia Muda (sumber: dokumentasi Adica)
Mayoritas peserta yang hadir masih berusia muda. Umumnya mereka masih berkuliah atau sudah bekerja. Ari misalnya. Pemuda yang duduk di sebelah saya ini berasal dari Depok dan belum lama buka rekening saham.

Ari yang sehari-hari berkerja sebagai karyawan mengaku tertarik berinvestasi kecil-kecilan. Ia belum berani menginvestasikan uang dalam jumlah banyak lantaran ilmu dan pengalamannya masih minim. Makanya, ia merasa perlu banyak belajar, terutama soal manajemen emosi karena ia sering sulit mengendalikan emosinya manakala saham yang sudah dibelinya "berdarah-darah".

"Saat lihat saham saya merah sedikit saja, saya ingin langsung cut loss," katanya. Untuk itulah ia tertarik mengikuti acara kopdar tadi supaya mengetahui tips-tips mengelola emosi selama berinvestasi.

Acara kopdar tersebut membahas analisis yang dipakai untuk menyeleksi saham, yakni analisis fundamental dan analisis teknikal. Biarpun mayoritas materinya sudah saya ketahui dan pahami, saya tetap mendapat wawasan tambahan.

Misal, saya jadi tahu bahwa valuasi saham itu sangat relatif. Sebelumnya saya berasumsi bahwa mahal-murahnya saham dilihat dari tingkat Price Earning Ratio-nya (PER) saja. Harga saham dikatakan mahal jika punya PER di atas 15 kali, sementara disebut murah kalau PER-nya di bawahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun