Adica Wirawan
Adica Wirawan karyawan swasta

Founder of "gerairasa.com" Mempunyai passion yang kuat sebagai seorang pelajar, pengajar, penulis, penyunting, dan praktisi yang terus mengembangkan wawasannya dalam bidang pendidikan, bahasa, kreativitas, grafologi, numerologi, hipnosis, kecerdasan emosi, yoga, bisnis ritel, keorganisasian nonprofit, dan spiritual. Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Wuling Confero, "Mobil Keluarga" yang Asyik Dibawa Berkeliling ke Seantero Destinasi

8 Januari 2018   12:47 Diperbarui: 8 Januari 2018   13:04 1836 5 3
Wuling Confero, "Mobil Keluarga" yang Asyik Dibawa Berkeliling ke Seantero Destinasi
dealer wuling motors di kawasan summarecon bekasi (sumber: dokumentasi pribadi)

Nama Wuling mungkin terasa "asing" di telinga masyarakat Indonesia. Maklum saja, produsen mobil tersebut baru "menjajal" pasar otomotif Indonesia beberapa tahun lalu di bawah bendera PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors). Namun, di negeri asalnya, Tiongkok, Wuling telah "merajai" penjualan mobil multi purpose vehicle (MPV).

tampilan wuling confero merah (sumber: dokumentasi pribadi)
tampilan wuling confero merah (sumber: dokumentasi pribadi)

Satu produk Wuling yang laku keras adalah Wuling Hongguang. Kendaraan multifungsi itu memang banyak diminati masyarakat tiongkok. Buktinya, pada tahun 2016 saja, angka penjualannya mencapai 650 ribu unit!

Makanya, dengan "bekal" itulah, kemudian Wuling merasa percaya diri masuk ke pasar otomotif tanah air. Namun demikian, manajemen Wuling tampaknya tak langsung menghadirkan produk andalannya ke Indonesia, tetapi mencoba mengadopsi konsepnya dalam produk baru. Oleh sebab itu, kemudian dirilislah Wuling Confero pada tahun 2017, yang konsep rancangannya mirip dengan Wuling Hongguang.

Lantaran merasa penasaran terhadap produk tersebut, akhirnya saya memutuskan mendatangi sebuah Dealer Wuling di kawasan Summarecon Bekasi. Di dealer yang luas dan penuh ornamen tersebut, saya sempat berbincang dengan Bapak William Aditya Murwanto, selaku Sales Suvervisor Dealer Wuling. Lewat obrolan ringan itulah, saya yang awam terhadap dunia otomotif mendapat penjelasan seputar produk Confero dengan semua fitur yang terpasang di dalamnya.

kabin dalam wuling yang luas dan punya fasilitas di tiap deret kursi (sumber: dokumentasi pribadi)
kabin dalam wuling yang luas dan punya fasilitas di tiap deret kursi (sumber: dokumentasi pribadi)

Sewaktu diajak melihat tampilan Confero, saya menangkap sebuah kesan bahwa Confero memang tipikal "mobil keluarga". Pasalnya, kabin di dalamnya cukup luas. Jumlah kursinya pun bisa mencapai tujuh-delapan buah, bergantung pada tipe. Makanya, mobil jenis itu sangat cocok bagi keluarga besar.

Sekadar tambahan informasi, ada tiga tipe Wuling Confero, yaitu Confero 1.5 MT, Confero 1.5 MT Tipe C, dan Confero 1.5 MT Tipe L. Biarpun berbeda tipe, jumlah warna yang ditawarkan tetaplah sama. Ada lima warna yang tersedia, yaitu hitam, merah, silver, cokelat, dan putih.

 Di antara kelima warna itu, Pak Willie, sapaan akrab William, menuturkan bahwa Wuling warna merah-lah yang lebih banyak diminati konsumen. "Mungkin karena brosur menampilkan Wuling Confero warna merah, masyarakat akhirnya banyak mencari mobil warna tersebut."

Bapak William Aditya Murwanto, selaku Sales Suvervisor Dealer Wuling, berfoto bersama para staf dealer (sumber: dokumentasi pribadi)
Bapak William Aditya Murwanto, selaku Sales Suvervisor Dealer Wuling, berfoto bersama para staf dealer (sumber: dokumentasi pribadi)

Lebih lanjut Pak Willie menjelaskan bahwa mobil Wuling Confero memiliki sistem penggerak roda belakang. Makanya, mobil tersebut "tangguh" melaju di jalanan di indonesia, termasuk jalanan yang mendaki dan menurun seperti di kawasan Puncak, Bogor.

Hal itu tentunya penting diperhatikan kalau kita melihat bahwa masyarakat, seperti yang berdomisili di kawasan Jabodetabek, masih menjadi kawasan puncak sebagai destinasi wisata. Makanya, saat masa liburan, seperti Natal dan Tahun Baru, tiba, kawasan tersebut padat dikunjungi wisatawan domestik.

Untuk menjelajahi daerah tersebut, masyarakat tentunya membutuhkan mobil yang kuat menyusuri jalanan naik-turun, terutama kalau kita membawa banyak orang di mobil. Jangan sampai mesin mobil cepat "lelah" sebelum kita tiba di tempat tujuan lantaran payah melewati jalanan yang penuh kelokan tersebut. Namun demikian, Wuling Confero dijamin mampu mengatasi persoalan itu. Pasalnya, Confero juga didukung mesin berkapasitas 1500 CC.

Bagaimana keamanannya? Wuling Confero telah dilengkapi teknologi antilock breaking system. Sistem itu mengantisipasi penguncian roda ketika terjadi pengereman keras. Makanya, pengereman yang dilakukan tetap cakram dan minim guncangan.

perangkat audio yang terdapat di mobil wuling confero (sumber: dokumentasi pribadi)
perangkat audio yang terdapat di mobil wuling confero (sumber: dokumentasi pribadi)

Fitur lainnya ialah Tire Pressure Monitoring System (TMPS). Dengan adanya teknologi tersebut, kita dapat mengecek tekanan ban di layar monitor. Makanya, jika ban kurang angin, monitor akan memunculkan notifikasi agar kita memompanya segera.

Kemudian, bagi kita yang sering khawatir kehabisan baterai di perangkat gadget, Wuling Confero S menyediakan stop kontak di tiga ruas kursi, yaitu depan, tengah, dan belakang, sehingga setiap penumpang tak perlu ribut memperebutkan lubang stop kontak.

 Wuling Confero memang ditujukan kepada keluarga kelas menengah. Makanya, dp yang dipatok ialah 20% dari harganya. Nah, untuk harga, setiap tipe punya variasi. Confero MT dibanderol dengan harga Rp 128.800.000, Confero MT Tipe C dibuka dengan harga Rp 150.900.000, dan Confero MT Tipe L dimulai dengan harga Rp 162.900.000.

tampilang wuling confero putih (sumber: dokumentasi pribadi)
tampilang wuling confero putih (sumber: dokumentasi pribadi)

Mahal? Kalau melihat fitur-fitur yang terdapat didalamnya, barangkali harga tersebut terasa pas. Apalagi, ada pula sejumlah layanan purnawaktu, seperti garansi komponen utama mesin dan transmisi 100.000 km/ lima tahun.

Jadi, Wuling Confero bisa menjadi mobil pilihan keluarga yang asyik dibawa berkeliling ke seantero destinasi.

Salam.

Adica Wirawan