Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Siapa Bilang Generasi Milenial Enggak Cinta Produk Dalam Negeri?

17 Desember 2017   11:52 Diperbarui: 17 Desember 2017   16:42 1221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Acara nangkring bersama kementerian industri (dokpri)

Batik barangkali bisa menjadi "solusi instan" manakala saya bingung menentukan pilihan busana yang akan dikenakan dalam sebuah acara. Makanya, di dalam lemari pakaian, saya memiliki sejumlah batik. Bukan batik yang mewah memang. Namun, bagi saya, batik milik saya punya motif indah, yang mampu "memanjakan" mata siapapun yang memandangnya. Ada yang bermotif tumbuh-tumbuhan. Ada pula yang bercorak hewan. Makanya, tak hanya nyaman dikenakan, batik itu juga menampilkan "miniatur karya seni" yang bisa diperlihatkan kepada sejawat.

beberapa koleksi batik milik saya (sumber: dokumentasi pribadi)
beberapa koleksi batik milik saya (sumber: dokumentasi pribadi)
Oleh sebab itu, saya senang berbatik ria dalam sejumlah kegiatan, termasuk acara Nangkring Kompasiana bersama Kementerian Perindustrian Republik Indonesia di Crematology Coffee pada hari ini. Dalam acara tersebut, saya hadir mengenakan batik bermotif ikan koi, yang didominasi warna biru. Saya memang sengaja memilih batik tersebut karena batik itu menyerupai lukisan yang sungguh indah. Makanya, sewaktu memandangnya sekian lama, saya sering merasa bahwa ikan koi tersebut terlihat berenang santai di permukaan batik, layaknya animasi film Pixar.

Pertimbangan lainnya ialah bahwa batik tersebut ternyata diciptakan oleh tangan-tangan terampil anak negeri. Makanya, batik itu termasuk produk dalam negeri, yang layak dibanggakan dan dilestarikan. Apalagi kini batik telah menjadi budaya populer di masyarakat. Buktinya, di mana-mana, kita sering menjumpai orang-orang yang berseragam batik.

Sebut saja, dalam beberapa acara seminar, saya sering melihat beberapa narasumber dan peserta, yang beramai-ramai memakai batik.

saya dan kawan-kawan berbatik ria dalam sebuah acara kementerian beberapa bulan lalu (sumber: dokumentasi pribadi)
saya dan kawan-kawan berbatik ria dalam sebuah acara kementerian beberapa bulan lalu (sumber: dokumentasi pribadi)
Kemudian, di kantor tempat saya bekerja pun, kami sempat merayakan Hari Batik Nasional, yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober dengan memamerkan batik milik masing-masing.

saya dan teman-teman berbatik merayakan hari batik nasional (sumber: dokumentasi pribadi)
saya dan teman-teman berbatik merayakan hari batik nasional (sumber: dokumentasi pribadi)
Sementara itu, belum lama ini, anak-anak di Wamena pun tampak tersenyum berseragam batik dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh sebuah produsen alat tulis.

anak-anak ceria berbatik dalam sebuah acara di wamena (sumber: dokumentasi faber-castell)
anak-anak ceria berbatik dalam sebuah acara di wamena (sumber: dokumentasi faber-castell)
Lewat kegiatan seperti itulah, kita akan menemui beragam corak batik. Ibarat kata, kegiatan bisa menjadi ajang fashion show mini, yang memperlihatkan keunikan batik khas nusantara.

Hal itu tentu saja menjadi kabar baik bahwa masyarakat Indonesia sebetulnya telah mencintai produk dalam negeri. Biarpun baru sebatas beberapa produk, seperti batik, setidaknya kita bisa menepis "sedikit" stigma bahwa orang Indonesia, terutama generasi Milenials, lebih menyenangi produk asing daripada produk bangsanya sendiri.

Berkaca pada Bangsa Lain terhadap Kecintaan Pada Produk dalam Negerinya Sendiri

Hal tersebut tentu bisa dimaklumi karena demikianlah fenomena yang terjadi di "lapangan". Padahal, kalau kita “becermin” pada negera lain, kita akan melihat fenomena sebaliknya. Sebab sejumlah bangsa, seperti di kawasan Asia, malah tertarik memakai produk dalam negerinya sendiri. Sebut saja Jepang dan Korea, yang masyarakatnya begitu menghargai produk karya anak bangsanya.

Fakta itu juga diamini oleh Haris Munandar, selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian. "Walaupun produk-produk dari Jepang dulunya berkualitas rendah, warganya tetap bangga menggunakannya,” katanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun